SHARE

BIKESTREAK – Seperti namanya, chain guide berfungsi untuk menjaga stabilitas rantai agar tidak mudah lepas (orang-orang sering menyebut los) saat sepeda melewati medan yang berat dan menjaga kekencangan rantai. Memang tidak semua sepeda terutama MTB memerlukan pemakaian chain guide, sehingga tak semua frame dilengkapi lubang baut untuk pemasangan chain guide.

Bicara soal chain guide tentu tidak lepas dari yang namanya ISCG, dan artikel bikestreak kali ini membahas soal apa itu ISCG. Bagi yang belum tahu, ISCG sendiri kepanjangan dari International Standard Chain Guide.

Sejak pertama kali diperkenalkan tahun 2000, desain International Standard Chain Guide telah mengalami revisi. Model awal dibentuk dari kerjasama Bob Barnett dan insinyur dari MRP yang akhirnya mendapat respon sangat baik dari beberapa industri. Seiring waktu, perkembangan teknologi sepeda downhill juga mempengaruhi perubahan pada sektor interface ISCG sendiri.

ISCG_MOUNTING

April 2003, mulai dirancang perubahan untuk interface baru. Banyak tanggapan yang diberikan atas perubahan ini, akhirnya pada even interbike 2003 anggota konsorsium ISCG bertemu secara pribadi dan mendiskusikan rincian standar baru yang akan dibentuk. Setelah beberapa revisi dibuat, terbentuklah desain terbaru yang disebut ISCG-05.

ISCG_MOUNTING

ISCG-05 ini dirancang agar kompatibel dengan semua jenis BB (bottom bracket). Bingkai ISCG-05 lebih ringan dari desain sebelumnya namun memiliki ketahanan yang sama.

LEAVE A REPLY