SHARE
warna kaos tdf

BIKESTREAK – Bagi penggemar ajang balap roadbike mungkin sudah banyak yang mengetahui  makna dari masing-masing warna jersey pada tour de france, terutama jersey kuning. Di setiap hal pasti ada pengecualian, bagi pembaca yang belum mengetahui beberapa arti warna jersey tersebut mungkin perlu membaca artikel singkat bikestreak kali ini.

Arti Warna Jersey TdF

Kuning

jersey kuning tdfJersey ini dipakai oleh pemenang klasifikasi umum secara individu, yaitu pembalap dengan perolehan catatan waktu kumulatif terbaik dari total etape yang sudah berlangsung. Di akhir perlombaan, pemakai jersey kuning ini disponsori oleh LCL dengan uang sejumlah € 450.000.

Hijau

kaus hijau tdfJersey ini dikenakan pembalap yang meraih poin sprint tertinggi. Di setiap etape, pembalap mendapat poin tertentu dari hasil sprint di tengah-tengah balapan. Pembalap yang mencatat waktu tercepat mendapat poin tertinggi. Dari hasil kumulatif poin tertinggilah yang menentukan siapa pemakai jersey hijau. Pemegang jersey ini memperoleh € 25.000 dari sponsor PMU.

Polkadot Merah

kaos polkadot merahPembalap yang menjadi raja tanjakan berhak memperoleh jersey bermotif polkadot merah. Poin untuk klasifikasi pendaki terbaik diberikan di bagian atas dari tiap lereng yang dilewati. Juara umum kategori trek tanjakan ini juga mendapat hadiah € 25.000 yang disponsori Carrefour.

Putih

kaos putihJersey ini digunakan bagi pembalap muda yang memperoleh waktu tercepat secara keseluruhan untuk kategori usia 25 tahun kebawah. Pemakai Jersey putih ini disponsori oleh Škoda dengan hadiah uang sejumlah € 20.000.

Klasifikasi Warna Nomor

Selain pembagian warna jersey diatas, ada klasifikasi lain dalam kompetisi TdF yang tidak ditentukan dari warna jersey yang dikenakan.

Pembalap Agresif

nomor jerseyPembalap yang dinilai paling agresif akan mendapat penghargaan dengan mengenakan nomor warna putih dengan latar merah. Pembalap kategori ini memperoleh € 20.000 yang disponsori oleh Antargaz.

Tim Terbaik

nomor jersey timKlasifikasi ini ditentukan berdasarkan waktu kumulatif terbaik dari tiga pembalap oleh masing-masing tim di setiap etape (kecuali untuk tim time-trial). Tim dengan tiga pembalap tercepat tersebut akan memakai nomor hitam pada latar belakang kuning. Hadiah € 50.000 akan diberikan pada tim pemenang dari sponsor Semences RAGT.

LEAVE A REPLY