SHARE
price tag

BIKESTREAK – Di sini bikestreak memaparkan beberapa ketentuan yang paling umum untuk membantu Anda menemukan sepeda yang tepat.

Manakah brand yang paling baik?

Ingin membeli produk local seperti polygon, united, wimcycle, ataukah produk luar semacam giant, specialized, scott, dll.? Masing-masing merk memiliki penggemar fanatik tersendiri. Perlu diingat bahwa kita membeli sepeda, bukan nama brand. Performa suatu sepeda lebih penting daripada style. Ketika memutuskan mana sepeda yang lebih cocok untuk kita, itu adalah hal yang penting. Pastikan menentukan berdasarkan kisaran harga, kemudian identifikasi sparepart yang digunakan pada sepeda dengan kisaran harga yang relatif sama.

Tawar-menawar harga pada toko yang overprice

Anda dapat mencobanya, tapi tak perlu berharap lebih. Untuk hal ini, kadang toko lebih memilih memberi bonus seperti tas sadel ataupun botol minuman daripada menurunkan harga. Jika tidak ada kesepakatan harga yang cocok oleh toko, lalu diam-diam pergi ke tempat lain, kita mungkin menemukan harga yang lebih baik di toko lain, namun kadang lebih sia-sia jika mengitari berbagai toko diseluruh kota (terutama kota besar) hanya untuk menghemat beberapa  rupiah yang tertukar dengan bensin.

Haruskah membeli sepeda dengan frame serat karbon?

Bias jadi. Karbon memiliki kualitas tertentu yang tidak dimiliki material aluminium, lebih ringan dan aerodinamis. Perlu diketahui bahwa tidak semua karbon berkualitas sama. Frame yang lebih murah menggunakan serat low quality, yang lebih berat dan kurang begitu kaku. Sebagai alternatif, masih banyak beberapa varian sepeda yang terbuat dari aluminium berteknologi tinggi ataupun campuran dengan serat karbon.

Perlukah wanita membeli sepeda khusus?

Sepeda standar dirancang berdasarkan anatomi pria. Sepeda khusus perempuan dirancang sesuai proporsional wanita secara umum, dan sebagian besar memiliki komponen yang sesuai dengan kebutuhan anatomi perempuan. Beberapa industri sepeda sudah mendesain beberapa geometri frame agar sesuai dengan fisik wanita pada umumnya. Untuk membedakannya anda perlu melakukan test ride sebelum membeli dan membedakannya apakah ada perbedaan dengan sepeda standar.

Menentukan komponen groupset

Sulit menentukan mana yang terbaik antara shimano, ataupun sram (microshift sangat jarang ditemui dipasaran). Setiap brand memiliki fitur tersendiri berdasarkan kelas masing-masing dengan range harga yang jauh. Beberapa orang lebih nyaman menggunakan shifter shimano dan sebagian orang merasa puas dengan responsifitas drivetrain sram. Jika anda ingin hal yang anti mainstream, microshift bias jadi pilihan yang tepat. Namun demikian perlu membaca review masing-masing groupset.

gerai sepeda

Full suspension atau hardtail

Jika tak yakin dan kita seorang pemula, ada baiknya jika mencoba hardtail terlebih dahulu. Tanpa suspense belakang sepeda akan lebih ringan sekaligus meningkatkan skill saat melewati trek makadam karena tidak dimanjakan dengan rearshock. Seperti saat seseorang belajar mobil, jika terus menggunakan mobil matik akan dimanjakan seterusnya.

LEAVE A REPLY