SHARE
jalur solar sel

BIKESTREAK – Belanda merupakan salah satu negara yang ramah terhadap pengguna sepeda dengan jalur sepeda sepanjang 21.748km yang terbagi dalam setiap sudut kota. Kini negara ini membuat inovasi dengan membangun jalur sepeda yang memiliki solar cells didalamnya, atau disebut SolaRoad. Proyek ini dimulai dengan membangun jalur sel surya sepanjang 70m, dan ini menjadi jalur sepeda pertama yang menyematkan teknologi tersebut.

Sebenarnya SolaRoad telah dikerjakan sejak 2009. Pembangkit listrik ini dibuat dengan melekatkan kristal silikon sel surya pada beton dan dilapisi kaca tempered setebal 1 cm. dengan posisi sedikit miring kesetiap sisi (seperti aspal pada umumnya) akan membuat permukaan jalur sepeda tetap bersih jika terkena air hujan.

Jalur sel surya ini akan diperpanjang menjadi 100m pada 2016, sehingga akan menambah daya listrik yang dihasilkan. Pihak pembuatnya mengklaim bahwa hingga 20% dari 140.000km total jalan di Belanda mungkin bisa diadaptasi menjadi SolaRoad.

Namun karena penempatannya pada jalur sepeda, maka tenaga yang didapat hanya 30% lebih sedikit daripada solar cell yang ditempatkan pada atap rumah. SolaRoad dapat difungsikan untuk daya pada traffic lights, komponen pemanas salju, dan beberapa koridornya dapat digunakan untuk jalur fiber optic.

LEAVE A REPLY