SHARE

BIKESTREAK – Tempat parkir biasanya identik dengan mobil atau motor. Tetapi ada hal unik untuk tempat parkir sepeda. Tak hanya tipe frame sepeda gunung, jenis-jenis tempat parkir sepeda juga memiliki nama tersendiri menurut perbedaan fisiknya.

Beberapa diantaranya memiliki nama yang aneh yang tak sesuai dengan bentuknya. Namun demikian, kiranya tak perlu dibahas lebih jauh mengenai istilah-istilah aneh tersebut, jadi artikel ini hanya berfokus pada variasi bentuk dari sarana penitipan sepeda ini.

Ned Kelly

Saat luas ruangan menjadi hambatan, model ned kelly ini bisa jadi contoh yang tepat. memakai rel yang tergantung di dinding, dan sepeda diletakkan pada posisi vertikal. Tentu keamanan tetap harus diperhitungkan, dengan model seperti ini cara penguncian sepeda bisa dilakukan pada bagian roda depan dan juga frame.

Jarak antar rel sekitar 50 cm. Ketinggian rel bervariasi antara 175 cm hingga 205 cm. Dengan ketinggian rel tersebut, tinggi atap minimal 220 cm dengan akses koridor sekitar 150 cm.

tempat parkir nedkelly

Mona Lisa

Tempat parkir jenis ini memanfaatkan ruangan kosong diatas jeda parkir mobil. Masing-masing pegangan hanya untuk satu unit sepeda. Cara penguncian termudah dilakukan pada bagian frame, yaitu pada top tube.

Jarak antara kedua lengan horizontal pegangan sepeda sekitar 180–200 cm. Panjang kedua lengan minimal 60-80 cm. Tinggi atap setidaknya antara 230-250cm. Kelemahan jenis ini, yaitu lebih memakan waktu hanyak untuk meletakkan sepeda ke atas.

tempat parkir jenis MonaLisa

Flat Top

Model seperti ini biasa digunakan untuk lahan parkir outdoor. Namun perlu juga ditambahkan kanopi sebagai pelindung panas matahari dan hujan. Berbentuk sederhana dan satu rel sandaran dapat menampung 2 sepeda.

parkir sepeda flat top

Anaconda

Modifikasi dari jenis flat top, membuat model parkir jenis anaconda dirancang semi permanen. Namun demikian dapat juga dibuat permanen dengan memberi skrup pada klem di tiap-tiap pipanya agar terkunci pada lantai.

parkir sepeda model Anaconda

_____________________________________________________________

Desain Kreatif Rak Sepeda

Diantara model diatas masih ada berbagai desain rak / tempat parkir sepeda yang lebih menarik dan unik, karena dunia desain selalu berkembang dari waktu ke waktu. Beberapa diantaranya dapat Anda lihat seperti pada gambar berikut.

Semua gambar dibawah khusus untuk rak sepeda indoor

rak sepeda kayu

Rak yang terbuat dari kayu ini berbentuk menyerupai batang pohon dan dapat menampung 2 unit sepeda secara vertikal.

rak sepeda indoor

Stem beserta handle bar yang digantung pada dinding ini terinspirasi dari replika tanduk rusa yang biasa menjadi hiasan dinding.

rak spd Delta

Seperti pada gambar pertama, rak seperti ini dapat menyimpan 2 sepeda yang ditata vertikal. Hanya saja rak ini terbuat dari logam dan lebih mudah untuk dipindahkan.

rak sepeda custom

Rak sepeda dengan bentuk yang simpel seperti diatas dapat dibuat sendiri jika ingin membuatnya, tentu saja jika tersedia perlengkapan yang memadai.

LEAVE A REPLY