SHARE

BIKESTREAK – Artikel berikut ini merupakan panduan sederhana yang memaparkan tentang  beberapa jenis kunci sepeda.

  1. Kunci D

Ini merupakan kunci yang kuat dan tahan lama dari beberapa janis lain, hal ini menjadikan pilihan utama untuk keamanan sepeda. Fisik kunci ini mirip tapal kuda, dengan lengkungan menyerupai huruf ‘D’ maupun ‘U’ (kadang juga disebut kunci U). Kunci yang diperkenalkan pada tahun 1972 ini dirancang dengan mekanisme yang baik, berlapis baja, dan cukup kuat sehingga sangat sulit untuk dibuka. Namun fisik yang kaku juga menyulitkan untuk dibawa saat perjalanan.

kunci U

  1. Kunci Lipat

Kunci ini cukup handal dan ringkas. Dirancang dengan rangkaian logam yang saling terhubung dan dapat dilipat sehingga memudahkan jika akan dibawa kemanapun.

kunci folding

  1. Kunci Rantai

Umumnya dibuat dengan bahan logam kokoh berbentuk serangkaian rantai. Terkadang juga sulit dibuka dengan gergaji sekalipun.

kunci rantai

  1. Kunci Kombinasi

Kunci ini tidak memerlukan kunci pembuka, hanya terkunci melalui sistem kode digit angka. Karenanya juga hal ini kurang direkomendasikan mengingat mudah untuk mengamati kombinasi angka saat pemilik sepeda membuka kunci. Kelebihan dari jenis ini adalah fisik yang fleksibel dan tidak memberatkan untuk dibawa.

kunci kombinasi

  1. Kunci Kabel

Desain kunci ini mirip kunci kombinasi dengan fisik yang fleksibel namun tidak menggunakan kode pas untuk membukanya, hanya memerlukan kunci pembuka seperti pada kunci umumnya.

kunci kabel

Carilah kunci dengan kualitas yang baik, seperti kata pepatah “rego nggowo rupo”. Namun, bikestreak.com tidak merekomendasikan atau mempromosikan merk tertentu.

LEAVE A REPLY