SHARE
trek mandatar

BIKESTREAKLatihan sepeda di jalan menanjak ini cukup bermanfaat bagi kita yang tinggal jauh dari jalur perbukitan yang mana hanya ditemui  jalanan dengan kontur mendatar.

Menjaga Koordinasi Otot Untuk Melahap Tanjakan

Bersepeda di jalur tanjakan tentu memerlukan kecepatan konstan atau bahkan cenderung lambat, sehingga dalam hal ini posisi merunduk untuk meningkatkan aerodinamis tidak begitu diperlukan, karena memang tak ada turbulensi. Hal yang perlu diperhatikan adalah kekuatan dan koordinasi antar otot untuk mengayuh dengan konstan di tanjakan dengan posisi badan tegak.

Menjaga Endurance

Hal yang perlu dijaga untuk menghadapi trek dengan tanjakan yang panjang adalah menjaga irama kecepatan. Latihan ini setidaknya dilakukan seminggu sekali dengan kayuhan 65-75rpm pada kombinasi gear yang tepat. Sepeda yang digunakan sama saja baik sepeda gunung ataupun road bike sama saja tergantung ketahanan tubuh biker.

Perpaduan Interval

Interval pendek dapat dilakukan setiap 4-6 menit, dan interval lama dapat dilakukan dengan durasi 12-20 menit, untuk sprint dapat dilakukan selama 30 detik. Kombinasi ini dapat dilakukan untuk latihan pada trek datar. Saat tak terbiasa melakukan ini, lengan akan terasa sakit, namun demikian dengan diselingi latihan push-up juga akan membantu meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas.

LEAVE A REPLY