SHARE
puasa

BIKESTREAK – Seringkali diet tidak bekerja dengan baik, setidaknya untuk jangka waktu yang lama. Sebagian orang memilih mengatur pola makan atau bahkan berpuasa, sehingga mereka dapat mengontrol diri untuk memperoleh penurunan berat badan.

Beberapa praktisi menyebutnya “interval eating”. Pada beberapa hari mereka hanya makan sekitar 500 kalori total.

Jika dilakukan dengan benar, manfaat berpuasa yang didapat tak hanya penurunan berat badan, namun juga peningkatan kesehatan secara umum. “Dengan berpuasa dapat mengurangi tekanan darah hingga 10% dan kolesterol LDL yang lebih rendah 10-25%, sehingga secara signifikan mengurangi tanda-tanda peradangan yang terkait dengan penyakit jantung”, ujar Krista Varady, PhD, profesor kinesiologi dan nutrisi di University of Illinois di Chicago. Penelitian lain telah menemukan bahwa manfaat puasa dapat menurunkan kadar insulin dan meningkatnya gula darah, sehingga dapat melindungi terhadap diabetes juga.

Di sisi lain, sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Science dan Kedokteran Olahraga menemukan bahwa relawan (bukan atlet) yang melakukan latihan sepeda selama 5 hari dalam seminggu selama 4 minggu dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk menggunakan oksigen dan menyerap serta menyimpan energi mereka lebih baik daripada mereka yang makan tanpa menjalani pelatihan.

Efek samping utama yang timbul pada awalnya adalah sakit kepala. Orang tidak tahu berapa banyak cairan yang mereka dapatkan dari makanan. Jadi, dalam hal ini benar-benar penting untuk minum banyak cairan sepanjang hari.

LEAVE A REPLY