SHARE

BIKESTREAK – Apabila Anda  baru sembuh dari perawatan di rumah sakit, ada kemungkinan dokter Anda akan menganjurkan melakukan olah raga seperti jogging, berenang, dan bersepeda. Sepeda biasanya menjadi opsi terakhir. Berenang memang mengasyikkan, jogging olahraga paling simpel, dan bersepeda memerlukan biaya lebih. Bukan soal ini blog sepeda lalu artikel ini mengutamakan bersepeda sebagai cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap fit.

Harga sepeda tergolong mahal? Ya, kenyataannya memang demikian. Tapi bukankah sepeda tidak dipakai dalam jangka waktu pendek. Kita membeli sepatu jogging jika terlalu sering dipakai kenyamanannya tentu tak seperti baru, sol yang mulai aus misalnya. Sepeda yang kita pakai bisa bertahan hingga 10 tahun selama dirawat dengan baik dan tak fanatik dengan sparepart terbaru yang bisa menguras kantong.

Jika tak terbiasa bersepeda mungkin mengalami hal hal seperti nyeri leher, bahu, tangan, bahkan pantat tak nyaman. Industri sepeda selalu berinovasi membuat produk yang lebih baik dan user friendly. Hal ini akan mengurangi kemungkinan-kemungkinan terjadinya hal tersebut. Banyak juga toko sepeda yang bisa menjadi tempat konsultasi mana sepeda yang cocok bagi kita.

Lalu apa perbandingannya dengan fitness? Banyak perbedaan argumen terkait hal ini. Namun perlu diketahui jika bersepeda memiliki impact yang lebih kecil daripada jogging ataupun berenang. Kemungkinan datangnya rasa bosan juga lebih kecil karena setiap bersepeda selalu berganti pemandangan (setidaknya apa yang dipandang) dan lebih dapat mengamati hal-hal di sekitarnya.

Mengenai fitness, sekedar komparasi, setiap 1 menit mengayuh sepeda dengan kecepatan standard (± 20 km/jam) dapat membakar sekitar 10 kalori (atau 600 kalori / jam). Jika berat badan Anda 50 kg, saat tidur tubuh membakar sekitar 61 kalori / jam.

Baca juga: Harga Speda Statis Untuk Olahraga Fitness

Lalu berapa kali seminggu harus mengayuh sepeda / gowes agar kondisi fit bisa tercapai dengan optimal? Sekitar 3-4 kali seminggu bersepeda akan mulai menghasilkan perbedaan besar bada “penampakan” Anda. Anda tak perlu bersepeda berjam-jam saat memulainya. Cukup 20-30 menit untuk menelusuri jalanan dengan sepeda Anda. Soal jarak tempuh akan berkembang sesuai jam terbang anda. Bersepeda juga melatih endurance di ruang terbuka, cuaca panas, dan dingin, berbeda dengan fitness yang selalu dilakukan dalam ruangan yang nyaman.

Bersepeda juga merupakan obat kuat untuk otot sekaligus aerobik. Tak perlu berlama-lama membaca artikel ini. Segera keluarkan sepeda anda dan mulai gowes / menggenjot pedal. Real men use two pedals (pedal kiri dan kanan).

LEAVE A REPLY