SHARE
wiggins tdf

BIKESTREAK – Para atlet Tour de France selalu menjaga komposisi tubuh yang ideal untuk meningkatkan performa. Jika memiliki niat, kitapun juga dapat melakukannya.

Bradley Wiggins merupakan salah satu pembalap yang memiliki berat badan paling ideal. “Mengurangi berat badan inilah yang bisa kulakukan untuk memberikan performa terbaik pada medan tanjakan daripada mengkonsumsi obat-obatan, dan aku tidak melakukannya.

Bagaimana atlet pro menurunkan berat badan?

Mereka begitu memperhatikan kalori dan takaran makanan untuk memastikan bahwa mereka hanya mengambil nutrisi apa yang mereka butuhkan untuk mendapat performa terbaik dalam latihan maupun kompetisi. Wiggins berlatih keras sebelum sarapan untuk mempercepat metabolisme. Ia juga menghindari gluten selama dua bulan dan tak pernah mengkonsumsi alkohol.

Bagaimanapun metode yang digunakan, tak ada cara menurunkan berat badan dengan bersepeda dalam sekejap. Hal ini tentu memerlukan proses yang bertahap selama beberapa bulan.

Konsekuensi penurunan berat badan

Pada kompetisi balap sepeda, power to weight ratio juga sangat diperhitungkan, terutama bagi mereka yang ingin menghadapi tanjakan dengan baik. Kelebihan lemak tubuh akan memperlambat mereka, karena otot berlebih pada tubuh bagian atas. Hal ini juga penting dalam olahraga lain. Jika kita berlari, berenang atau olahraga apapun dengan tidak menjaga berat badan namun hanya dengan kehilangan massa otot, maka akan mengurangi performa kita. Namun jika, kadar lemak tubuh cenderung kurang, maka akan berpengaruh buruk pada kesehatan.

Proses menurunkan badan tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Para atlet bekerja sama dengan beberapa ilmuwan olahraga terbaik dalam melakukannya.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan?

Jika kita memiliki berat badan yang cenderung berlebih, bisa jadi ini merupakan pertanda buruk. Sekali lagi tak ada cara instan dalam hal ini. Perubahan drastis dalam berat badan dapat memiliki dampak negatif. Cara yang baik adalah dengan pendekatan yang lebih terkontrol dalam menurunkan berat badan. Penurunan asupan kalori sebanyak 500kkal / hari dapat mengurangi 1/4 kg hanya dalam 1 minggu. Untuk olahraga ringan bersepda bisa dilakukan di dalam ruangan dengan sepeda statis ataupun outdoor bersepeda bersama teman grup sepeda pasti lebih mengasyikan apabila dapat dilakukan secara rutin.

LEAVE A REPLY