SHARE
etape21 vuelta 2014

BIKESTREAK – Berbeda dengan etape sebelumnya yang menempuh ratusan km, etape terakhir ini merupakan tahap individual time trial dengan trek yang datar dengan kondisi sedikit basah dan licin sepanjang 9,7 km di Santiago de Compostela. Adriano Malori, pembalap asal italia menjadi pembalap yang tercepat dengan memakan waktu 11 menit 12 detik. Karena ini merupakan time trial, hujan yang turun di tengah perlombaan menjadi penghalang bagi beberapa pembalap yang turun sesudahnya.

Dengan berakhirnya musim ini dengan etape 21 sebagai penutup pada 14 September kemarin, Juara Vuelta a España 2014 disabet Alberto Contador dari tim Tinkoff-Saxo. Pembalap berusia 31 tahun asal spanyol ini merupakan pembalap paling powerful dari kejuaraan La Vuelta tahun ini. Meski tahun lalu sempat mengalami cedera kaki, penampilannya saat ini sangat mengejutkan dalam menyelesaikan 21 etape yang dilombakan. Total ia menghabiskan waktu tercepat dengan 81 jam 25 menit 5 detik, disusul Christopher Froome (pembalap Inggris dari Team Sky) dengan selisih 1 menit 10 detik dan Alejandro Valverde (pembalap Spanyol dari Movistar Team) dengan terpaut 1 menit 50 detik.

Contador sendiri merupakan salah satu dari 5 pembalap yang memperoleh kemenangan dari 3 Grand Tours of road cycling. Juara Tour de France tahun 2007 dan 2009, Giro d’Italia 2008, dan Vuelta a España pada 2008, 2012, dan 2014.

Hasil Akhir La Vuelta

Red Jersey – Alberto Contador

Green Jersey – John Degenkolb

Polkadot jersey – Caja Rural Seguros

LEAVE A REPLY