SHARE
iklan jadul

BIKESTREAK – Dialah Annie Londonderry, sosok wanita yang banyak dikenal karena keberaniannya melakukan perjalanan jauhnya dengan sepeda di tahun 1894-1895. Perlu diketahui bahwa dia menjadi seorang wanita tangguh dengan berhasil menunjukkan kemampuannya yang bahkan sebagian besar pria pun tak bisa melakukannya. Tak hanya keberaniannya, artikel ini juga menyoroti hal buruk terkait kepribadiannya, karena hal ini juga perlu untuk diperhatikan.

Sejak Annie berangkat dari Boston, butuh waktu berbulan-bulan untuk mencapai Chicago. Akhirnya, ia berbalik ke pantai timur dan menuju New York. Dari sana ia menuju Prancis dengan Kapal. Setelah melewati beberapa rute di Prancis dengan beberapa pemberhentian, ia melanjutkan travellingnya ke Singapura. Bisa dibilang bahwa sebagian besar perjalanannya berada diatas kapal.

Meninggalkan Keluarga

annie londonderrySaat melakukan perjalanan ini pun sebenernya ia sudah berkeluarga. Dengan jujur ia mengatakan bahwa tak ingin menghabiskan hidupnya di rumah dengan mengasuh bayi setiap tahun. Bisa ditebak bahwa suaminya lah yang seorang diri mengasuh anak-anak mereka. Suatu sikap yang tak perlu ditiru.

Meskipun banyak dikenal dengan nama Annie Londonderry,  nama aslinya ialah Annie Cohen Kopchovsky, dan dia adalah wanita Yahudi. Dalam jeda perjalanannya, dia juga mendapat dana melalui iklan terutama di Prancis yang juga paling mempopulerkan namanya. Bahkan embel-embel Londonderry adalah bagian dari kesepakatan iklan dengan Londonderry Lithia Spring Water Company.

Kebohongan pada Pers

Disamping keberaniannya yang banyak mendapat apresiasi dia juga memiliki track record yang buruk. Dia pernah berbohong pada pers tentang masa lalunya. Ia mengatakan dirinya adalah seorang yatim piatu, pernah menjadi mahasiswa hukum juga kedokteran, dan mengaku sebagai ahli waris kaya. Disisi lain, ia juga mengarang perjalanan fiktifnya saat berada di China dan India.

Dia memulai perjalanannya pada touring sepeda Columbia yang beratnya hampir 20 kg. Pada buku Around The World On Two Wheels karangan Peter Zheutlin, dikisahkan bahwa rata-rata Annie bersepeda dengan kecepatan antara 8-10mil/jam di jalanan yang mulus. Tak perlu disamakan dengan sepeda modern saat ini, tentu saja tak sepadan.

LEAVE A REPLY