SHARE
secangkir kopi

BIKESTREAK – Sudah lama dilakukan penelitian terkait dampak kopi terhadap performa fisik seseorang. Penelitian David Costill menyatakan kopi memang memiliki dampak positif menjaga performa atlet lari agar tetap fit. Hal ini tidak berdampak bagi semua orang, karena ketahanan asam lambung terhadap kafein masing-masing orang memang berbeda-beda.

Kopi juga memberikan pengaruh pada sistem syaraf pusat (central nervous system) otak manusia. Efek ini berbanding lurus dengan bertambahnya jumlah kopi yang diminum. Tubuh akan mengalami gejala kecanduan dan merasa harus meminum secangkir lagi. Kebiasaan menenggak kafein tentu perlu diatur agar tidak mengalami kecanduan terhadap kopi seperti almarhum mbah surip yang gemar menenggak kopi hitam dalam gelas besar.

Mempercepat Metabolisme

Kemungkinan besar kopi berhubungan dengan kenaikan level enzim tertentu di syaraf penghubung otak  serta metabolisme dalam sirkulasi asam lemak tak jenuh. Asam ini bermanfaat untuk proses pembakaran yang memisah glikogen, glukosa, dan asam amino yang semuanya berfungsi mempercepat metabolisme tubuh.

Kopi hitam murni memiliki hanya sekitar 2 kalori per cangkir 8 ons. Semakin anda tambahkan ke dalamnya, semakin anda meningkatkan kalori. Satu ons susu menambah 20 kalori dan 0,99 gr lemak untuk kopi anda. Satu sendok teh gula menambah satu lagi 16 kalori. Jika anda lebih memilih krim dalam kopi anda, anda menambahkan 29 kalori dan hampir 3 gr lemak untuk setiap cangkir.

aroma biji kopi

Pengeruh kopi sendiri berbeda-beda bagi tiap orang. Pada beberapa orang kopi hanya menyebabkan sedikit rasa nervous, tekanan darah tinggi, dan juga meningkatnya asam lambung. Bagi mereka yang tidak biasa menum akan membuat tubuh lebih terjaga dari rasa kantuk, adanya rasa grogi, pikiran bergelantungan keesokan harinya, dan merasa perlu meminumnya lagi untuk menyembuhkan.

Memacu Pengeluaran Air

Minum secangkir kopi di pagi hari memang nikmat, sebagai intro sebelum beraktivitas. Kadang perlu meminumnya lagi beberapa cangkir, dan ini yang disebut pecandu kafein. Namun untuk digunakan saat bersepeda jarak jauh hal ini juga memiliki dampak kurang baik. Kopi juga memacu pengeluaran air melalui urin, tentu hal ini menyebabkan dehidrasi dan perlu tambahan air lagi bagi tubuh.

LEAVE A REPLY