SHARE

Frame Sepeda MTB – Bagi anda yang berminat membeli sepeda baru atau hanya frame saja untuk merakit sepeda harus memperhatikan beberapa hal termasuk mengetahui ukuran frame yang cocok dengan tinggi badan kita. Hal itu bertujuan untuk memberikan sara nyaman dan aman selama berkendara.

Bayangkan saja kalau ukuran frame sepeda kita lebih besar maupun lebih kecil sudah pasti sangat tidak nyaman digunakan. Jika terlalu besar kita membutuhkan tenaga ekstra untuk mengayuhnya dan sebaliknya apabila terlalu kecil maka kita merasa sangat kesulitan sebab pedal yang kita kayuh terasa lebih pendek.

Untuk itu anda harus menghitung Geometri sepeda dengan ukuran tubuh anda sebelum membelinya karena jika salah justru nanti menyesal setelah membeli sepeda dengan harga mahal.

Tapi anda tidak perlu khawatir karena di zaman yang serba canggih dan modern seperti saat ini semua dimudahkan oleh teknologi. Cukup dengan melakukan pengecekan di website masing-masing brand sepeda. Biasanya ukuran frame sepeda adalah XS, S, M, L dan XL atau jika memakai ukuran inch aseperti 14, 15, 16, 17, 18, 19.

Baca juga : Harga Sepeda Adrenalin Terbaru

Sedangkan untuk mengukur ukuran frame yang cocok untuk tubuh kita bisa melalui cara seperti berikut ini :

1. Apa saja variabel pengukurannya?

Variabel pengukurannya antara lain; tinggi badan/height dan panjang inseam atau jarak pangkal paha ke tanah

2. Bagaimana mengukurnya?

Dengan menggunakan penghitung atau tabel yang telah distandarisasi. Seperti dalam pembahasan di bawah nanti.

3. Apa yang dihasilkan?

Berupa angka ukuran frame yang menggunakan metode C-T (Center to Top) yaitu menghitung jarak dari pusat Bottom Bracket (BB) hingga ujung atas seat tube. Selain itu juga menghasilkan angka ukuran crank yang dihitung dari poros crank (BB) hingga ke poros pedal, hal ini dimaksudkan agar pengendara lebih nyaman ketika mengayuh pedal.

Mulai menghitung:

1. Lepaskan alas kaki kemudian berdiri tegak dengan tumit, pantat dan kalau bisa punggung menempel pada dinding yang tegak lurus. Jarak kedua telapak kaki membenggang kira-kira 30 cm seperti ketika mengayuh sepeda.

2. Mintalah seseorang mengukur tinggi badan anda (height) dan mengukur jarak dari lantai hingga pangkal paha atau selakangan (inseam). Catat keduanya

Situs 1 : Cek Frame Sepeda
Situs 2 : Cek Frame Sepeda
Situs 3 : Cek Frame Sepeda

3. Buka website dan pilih jenis sepeda anda. Kemudian masukkan angka-angka tadi ke tiap form.  Pada form Leg Length, masukkan angka inseam anda. Jika anda sulit mengkonversi ke Inchi maka ganti menjadi Centimeters pada kiri bawah.

4. Klik submit maka anda akan diberikan sheet data ukuran frame dan crank yang tepat untuk tubuh anda berikut range ukuran yang memungkinkan.

5. Jika anda enggan untuk menggunakan kalkulator online tersebut, maka anda juga bisa mendownload tabel frame & crank size.

6. Jika ukuran sepeda anda yang dimiliki saat ini tidak pas maka jangan berkecil hati, tetaplah bersepeda.

Berikut contoh tabel pengukuran ukuran tubuh :

LEAVE A REPLY