SHARE
freeride sunset wallpaper

BIKESTREAK – Seperti cabang olahraga downhill, permainan extreme ini juga mementingkan keberanian dan skill dalam menuruni trek yang meliuk-liuk di perbukitan. Salah satu cabang MTB ini sering dikompetisikan di negara AS, Inggris dan Spanyol. Nama freeride sendiri awalnya populer untuk olah raga snowboard.

Perbedaan dengan aturan pada cabang downhill, di freeride ini para rider diberi kebebasan memilih trek yang akan dilalui dari titik start hingga finish, tidak terpasang pita pembatas layaknya kompetisi downhill. Ingin menerabas drop-off yang tinggi maupun melewati trek teraman semuanya ada pada pilihan para rider, namun seringan-ringannya lintasan freeride tentu tak seringan lintasan cross country. Untuk keamanan juga disetiap lintasan downhill selalu terpasang pita pembatas, tak seperti lintasan freeride.

redbull rampage free ride

Jika ingin melihat lebih detail, tontonlah beberapa video redbull rampege, kompetisi tertinggi di kelas freeride. Beberapa rider bahkan melewati beberapa obstacle dengan berbagai style. Meski ada kelas tersendiri untuk jenis sepeda freeride, sepeda yang digunakan dalam redbull rampage murni downhill bike, bukan dari jenis freeride bike, hal ini bisa jadi karena extremenya medan yang dihadapi.

freeride park

Tidak Terdaftar dalam Kalender Uci

Meski sering diperlombakan di beberapa negara dan mulai populer, olahraga extreme ini tidak pernah diadakan oleh UCI. Alasan safety mungkin yang membuat UCI tidak mengagendakan kompetisi freeride ini. Tingkat resiko yang dihadapi pemain freeride terlalu tinggi. Obstacle yang dilewati juga tak terukur tingkat kesulitannya. UCI sendiri sangat memperhatikan tingkat rintangan dalam suatu kompetisi.

free ride competition

LEAVE A REPLY