SHARE
jembatan khusus sepeda

BIKESTREAK – Pembuatan jalur sepeda di beberapa negara (yang memperhatikan pengguna sepeda) memang sudah biasa. Disamping membangun solaroad, kali ini belanda kembali membuat inovasi dengan membangun jembatan lingkar yang dikhususkan bagi pengguna sepeda. Pembuatannya pun tak sederhana. Meskipun hanya untuk pengguna sepeda, jembatan yang disebut hovenring ini dibangun dengan desain modern.

Jembatan ini dibangun di Eindhoven, tepatnya diatas jalur kendaraan utama. Dengan demikian para pengendara sepeda tak akan terganggu kendaraan bermotor yang berseliweran dijalanan.

Jembatan lingkar yang mulai dibuka pada 29 Juni 2012 ini dibuat dengan menghabiskan sekitar 1000 ton baja yang terhubung pada tiang setinggi 70 meter dan terikat dengan 24 buah kabel baja. Untuk menjaga kestabilan, beton juga ditambahkan pada dasar jembatan, disamping itu peredam getaran juga ditambahkan pada kabel beton yang menyangga hovenring yang memiliki diameter 236m.

Seperti identitas Eindhoven sebagai ‘kota cahaya’ (disebut demikian karena perusahaan Phillips berlokasi disana), Hovenring juga disertai pencahayaan yang didesain sedemikian rupa untuk menambah keindahan jembatan lingkar. Disamping menerangi jembatan dan jalan utama dibawahnya, penerangan LED akan menghiasai jembatan lingkar yang menyerupai piring terbang tersebut, terlebih saat malam hari tiba.

LEAVE A REPLY