SHARE

BIKESTREAK – FACT (Functional Advanced Composite Technology) adalah cara specialized merancang bahan komposit. Seperti halnya proyek-proyek lain di Specialized, semua frame dan perlengkapan FACT dibuat berdasarkan kebutuhan pengendara sepeda. Dalam hal melengkapi kebutuhan tersebut dengan maksimal, mereka melakukan beberapa proses penting seperti: Pemilihan material, Proses Perakitan, dan uji coba. Hasil dari proses FACT adalah sepeda dan perlengkapan berbahan karbon yang superior dan menghasilkan performa kelas dunia bagi para rider.

Kebutuhan Pengendara

Berawal dari kebutuhan pengendara sepeda berbeda-beda (Balap, Triathlon CX, dll), mereka memberikan kombinasi terbaik – kekakuan, kelenturan, kekuatan, dan bobot yang ringan untuk setiap lini produk.

Desain

carbon specialized

Inilah awal dari teknologi baru yang diciptakan untuk setiap jenis sepeda. Contohnya adalah bagian BB (Bottom Bracket) dan chainstay yang menjadi sebuah kesatuan untuk memperbaiki kinerja saat pengendara mengayuh pedal dengan kuat.

Seleksi Material

carbon specialized

Sebelum memasuki proses pembuatan, specialized memilih jenis karbon, resin dan anyaman karbon untuk setiap sepeda. Proses layup (penempatan lapisan karbon) juga sama pentingnya. Contohnya adalah sepeda S-Works Roubaix, dimana bagian downtube, bottom bracket dan top tube memakai campuran karbon E390 untuk mendapatkan kekakuan lebih sehingga menghindari flex saat menerima kayuhan dengan keras.

Pembuatan

STEP_4_FACT_carb

Secanggih apapun bahan tersebut tak akan berarti tanpa konstruksi dan penerapan yang tepat. Dengan menciptakan rangka dari beberapa struktur monocoque pada bagian headtube/toptube/downtube, seat tube, seatstay, dan bottom bracket chainstay satu bagian, maka serat karbon dapat terhubung tanpa terputus dari tabung ke tabung, menghasilkan keuntungan dalam hal bobot, kekakuan, dan kekuatan.

Pengujian

STEP_5_FACT_carb

Pengujian adalah bagian penting dalam pengembangan karbon FACT. Untuk memastikan bahwa setiap sepeda memenuhi ekspektasi, seluruh sepeda melewati proses pengujian yang berat di lab, dan pada kondisi sebenarnya.

Kami melakukan pengujian di lab untuk memastikan kekuatan, dilanjutkan dengan pengujian dengan para atlet pro untuk melakukan improvisasi hingga mendapatkan hasil yang kami inginkan. Dari tahun ke tahun semakin banyak inovasi sepeda terbaru yang dilakukan oleh para pabrikan untuk kepuasan pesepeda dan keuntungan pribadi perusahaan.

LEAVE A REPLY