SHARE

BIKESTREAK – Setiap tahun antar pabrikan sepeda selalu berlomba membuat pengembangan bagi produk-produknya, terlebih untuk memperebutkan market sebagai sepeda downhill terbaik yang penuh inovasi. Jika tidak ada persaingan, maka Inovasi sudah dapat dipastikan mati saat itu juga / tidak ada inovasi.

Namun ada kalanya inovasi tak selalu bergantung pada persaingan secara langsung namun ada beberapa faktor eksternal yang membuat bagaimana sebuah pabrikan harus melakukan Inovasi terhadap produknya meski tidak ada kompetisi langsung, karena tuntutan zaman misalnya. Contoh soal penggunaan ukuran ban 26” yang beralih menjadi 27.5”.

Berikut ini line up sepeda downhill terbaru:

Rocky Mountain Maiden 2016

rocky mountain

Setelah hampir 4 tahun melakukan pengembangan, Rocky Mountain dengan bangga meluncurkan sepeda downhill yang dinamai Maiden. Sepeda yang menjadi pengembangan dari RM Flatline ini juga merupakan ujung tombak pabrikan ini. Frame yang terbuat dari carbon dirancang untuk Kompetisi World Cup, freeride, maupun digunakan dalam bike park. Maiden diproduksi dalam 2 ukuran ban, 26” dan 27,5”.

Nukeproof Pulse 2016

pulse 8

Dalam waktu singkat Nukeproof telah memantapkan diri menjadi pesaing utama dalam kompetisi downhill. Tahun 2015 lalu nukeproof telah meluncurkan Pulse versi 2016 dengan ban 27,5” yang menjadi pengembangan sejak pertama dikeluarkan untuk versi 2012.

Intense M16

intense downhill

Seperti tahun-tahun sebelumnya, desain sepeda downhill keluaran intense selalu tampak dengan siluet serupa. Downhill bike keluaran intense merupakan salah satu sepeda downhill terbaik. Intense-lah yang menjadi pabrikan pertama yang meluncurkan sepeda downhill dengan ban 27,5” dengan produk 951EVO, dan M16 ini merupakan inovasi dari produk sebelumnya.

Polygon Collosus DH9

polygon downhill

DH9 dilengkapi dengan “floating suspension” dengan travel 203 mm dan roda ukuran 27.5” untuk melewati setiap turunan yang curam, melibas cepat rintangan berbatu, dan melakukan lompatan besar. Sepeda andalan Polygon UR Team ini hadir dengan gabungan frame ALX pada bagian segitiga depan dan ACX pada segitiga belakang. Sepeda ini juga dilengkapi dengan “flip chip” pada bagian rear shock yang dapat digunakan untuk menyesuaikan geometri sepeda dan mengatur ketinggian BB untuk mengakomodasi rider yang memilih roda ukuran 26”.

Kona Supreme Operator

kona downhill

Tidak seperti kebanyakan sepeda downhill lain yang menggunakan wheel size 27,5″ , downhill bike keluaran kona tetap menggunakan ukuran ban 26″. Supreme Operator menggunakan material carbon pada segitiga depan. Dilengkapi shifter dan RD Sram DH X01.

Commencal Supreme DH V4 2016

Commencal DH

Commmencal DH Supreme dilengkapi dengan sistem suspensi yang mana mereka menyebutnya HPP (High Principal Pivot). Modifikasi geometri frame DH terbaru ini diklaim lebih cepat dan lebih fleksibel dibanding geometri frame DH sebelumnya.

Banshee Legend 2016

banshee downhill

Ada sejumlah perubahan yang signifikan pada Banshee Legend 2016. Menggunakan suspense dengan travel 205mm yang dipadukan dengan roda 650b, linkage yang juga telah didesain ulang untuk menjaga chainstay tetap bekerja optimal di trek DH. Geometri frame juga mengalami perubahan berdasarkan review dari para rider. Lalu manakah yang mendapatkan predikat sebagai sepeda downhill termahal? Mahal atau murahnya sebuah sepeda belum tentu menjamin tingkat kepuasan, tetapi lebih dipengaruhi oleh rasa syukur.

LEAVE A REPLY