SHARE
batikan ban

BIKESTREAK – Beberapa waktu lalu sandal swallow memang pernah kondang di Korea, bahkan dijual di Ebay. Sabdal jepit ini mungkin bisa jadi alat komparasi yang cocok untuk mengukur kelembaman ban. Bagian sandal jepit yang jadi pijakan dengan bagian sandal yang dijepit kedua jari tersebut tampak lebih lembab.

Pada ban / tire, jenis yang empuk seperti sandal ini disebut tipe slow rebound, sedangkan yang lebih keras disebut hard rebound. Ban slow rebound cocok untuk trek basah, dan hard cocok untuk medan kering. Tak hanya MTB, berbagai jenis sepeda juga memiliki varian ban ini, termasuk road bike.

Jenis slow rebound memang mempunyai traksi yang lebih baik di trek basah namun juga lebih cepat botak / aus dibanding hard rebound. Begitu juga sebaliknya, karena lebih keras dan kurang lembam, ban tipe hard rebound lebih mudah selip namun memiliki durabilitas yang lebih baik.

Sepeda MTB memiliki macam pattern knob (atau biasa disebut batikan ban) yang lebih variatif dibanding jenis sepeda lain. Masing-masing kembang ban / pattern mempunyai fungsi yang berbeda. Knob dapat mengatur tingkat traksi ban terhadap medan. Ada pula yang dapat menahan sepeda agar tak mudah merosot kedepan dan terpeleset.

Mengapa grip perlu diatur? Karena ban sepeda sebaiknya tidak boleh terlalu banyak mengikat tanah dari medan yang dilalui. Maka dari itu pola knob harus disesuaikan kondisi medan. Untuk medan kering berdebu knob dirancang berbentuk persegi empat dan disusun dengan pola kecil-kecil namun rapat. Knob yang berada dibagian tengah (menginjak tanah terlebih dahulu) dibuat landai, sedangkan bagian sisinya lebih terjal.

Untuk medan bebatuan kecil lain lagi, knob dibuat berbentuk bulat atau balok namun Dengan susunan miring. Permukaan knob rata dan susunannya rapat.

Kembang ban untuk medan berlumpur dan licin juga berbeda. Untuk trek ini memerlukan knob dengan pattern tebal berukuran besar berbentuk segi empat dengan jarak susunan renggang.

Apakah road bike memiliki knob? Pada dasarnya permukaan pada ban sepeda ini dibuat bulat dan rata. Kekuatan traksi hanya dibuat berdasarkan jenis slow-hard rebound. Beberapa industri juga membuat alur sejajar dengan arah putaran. Alur tersebut berfungsi agar air dapat menerobos permukaan ban sehingga mengurangi terjadinya selip.

LEAVE A REPLY