SHARE
UCI DH world cup

BIKESTREAK – Kompetisi balap sepeda MTB pertama kali diadakan di California (AS) di awal tahun 80an. Sejak saat itu disiplin MTB telah berkembang sangat cepat dalam semua aspek. World Championship pertama yang secara resmi digelar oleh UCI berlangsung mulai tahun 1990. Dalam klasifikasi UCI, kelas MTB terbagi dalam 4 spesialisasi:

Cross Country

UCI XC race

Balap cross country diadakan di trek bergelombang, berbatu, dan beberapa obstacle dengan panjang trek 5-9 km. Perlombaan bervariasi dari 1 jam 45 menit hingga 2 jam 30 menit, tergantung pada masing-masing kategori.

Cross Country Marathon

XC marathon race

Even maraton merupakan versi panjang dari cross country yang dilakukan pada trek sepanjang 60 sampai 120 km. Pembalap dari semua kategori dapat berlomba secara bersama-sama. Cross Country Marathon diadakan di wilayah pegunungan. Berbeda dengan format cross-country, dalam kelas ini pembalap tidak melewati titik yang sama dua kali.

Downhill

UCI DH world cup

Kompetisi yang memiliki tingkat obstacle tersulit ini menuntut para pembalap untuk menunjukkan keberanian dan skill yang dimiliki dalam melewati berbagai hambatan maupun drop off di sepanjang jalan. Kecepatan sepeda pada kondisi tertentu dapat mencapai sekitar 70-80 km/jam. Meskipun terdapat kelas downhill, UCI tidak menyertakan freeride karena memiliki tingkat resiko yang dinilai terlalu tinggi.

Four Cross

4 cross

Dalam perlombaan Four Cross (sering disingkat 4 cross / 4x) empat peserta start bersama-sama dalam 1 trek. Balapan berlangsung sangat cepat (antara 30 detik dan satu menit) dan menimbulkan konfrontasi sengit antar pengendara. Balapan Four Cross berlangsung selama beberapa putaran kualifikasi.

LEAVE A REPLY