SHARE
makanan yang menyehatkan

BIKESTREAK – Segala sesuatu pembentuk tubuh berasal dari apa yang kita makan. Protein, vitamin, mineral dan antioksidan dapat membantu penyembuhan luka, mengurangi tekanan tendon, dan mempercepat perbaikan patah tulang. Memilih kombinasi makanan yang tepat akan mempercepat pemulihan.

Wortel, bayam, ubi jalar mengandung banyak vitamin A, sedangkan jeruk, stroberi, paprika dan brokoli memiliki banyak kandungan vitamin C. Vitamin A membantu regenerasi sel-sel darah putih untuk melawan infeksi, dan vitamin C terbukti mampu membantu penyembuhan luka saat terjadi cedera.

Daging rendah lemak (sirloin, ikan, dan ayam) yang dikemas dengan protein penting untuk memproduksi sel-sel baru. Protein bertindak seperti sebuah jembatan antara jaringan yang rusak, dan membantu proses perbaikan jaringan. Untuk penyembuhan optimal, mengkonsumsi daging adalah cara yang tepat.

Telur, susu dan yogurt merupakan sumber protein yang baik. Susu dan yogurt juga mengandung kalsium, yang bermanfaat untuk perbaikan tulang dan otot. Vitamin D dalam produk susu meningkatkan penyerapan kalsium dan membantu otot terluka dan penyembuhan tulang.

Sama halnya dengan daging merah, sereal juga merupakan sumber terbaik. Zink tidak memperbaiki jaringan yang rusak dengan sendirinya, namun membantu kerja nutrisi dalam melakukannya, hanya saja tak perlu mengkonsumsi secara berlebihan.

LEAVE A REPLY