SHARE
chainlube kering

BIKESTREAK – Rantai sepeda cenderung rentan terhadap karat, bahkan pada kondisi berair dapat menimbulkan warna kecoklatan. Air garam menjadi penyebab utama dari korosi. Chain lube, selain memberikan pelumas antara pergeseran permukaan rantai dan gear, juga memberi lapisan untuk menghambat proses korosi. Manakah yang mampu memberikan perlindungan terbaik: chain lube basah atau kering?

Berbagai pelumas memiliki perbedaan komposisi dan mungkin juga tingkat keefektifan. Sebagai bahan pembandingan dilakukan uji tes pada chainlube basah dan kering pada 2 rantai. Yang satu lebih kental dan mudah menempel pada segala sesuatu dan satu lagi pelumas kering yang mudah larut dalam air.

Hasil tes setelah pemakaian menunjukkan rantai dengan dry lube lebih terdapat karat di setiap permukaan dan terpengaruh korosi namun tetap mengkilap, sedangkan wet lube memiliki sedikit karat diluar permukaan, sementara bagian roller tampak berminyak dan kotor meskipun relatif bebas karat.

wet-lube

Tes ini juga menunjukkan bahwa wet lube juga kurang efektif untuk mencegah karat menyerang bagian dalam permukaan rantai, link yang kaku menunjukkan bahwa mulai timbul korosi meskipun rantai tampak berminyak.

LEAVE A REPLY