SHARE
mengajari anak

BIKESTREAK – Bagi anak kecil, naik sepeda jelas bukan hal mudah. Maklum, untuk bisa dikata “lancar naik sepeda” anak perlu menguasai beberapa ketrampilan dasar, yakni mengayuh, menyetir, mengerem, dan menjaga keseimbangan. Beberapa hal diatas memang tak bisa dipelajari sekaligus bagi anak kecil.

Gunakan Sepeda Roda 3 Lebih Dahulu

Kebanyakan orang tua mengenalkan sepeda pertama kali dengan membelikan sepeda anak kecil roda tiga. Dengan sepeda ini anak-anak dapat belajar cara menyetir dan mengayuh. Sang anak perlu belajar cara mengarahkan sepeda pada tempat yang dituju dan menghindari hambatan tanpa menabrak benda apapun. Disamping cara menyetir, anak-anak juga dapat belajar mengayuh dengan baik kedepan maupun belakang. Sepeda roda tiga juga membantu anak untuk memperkuat otot kaki.

 

Gunakan Sepeda Roda 2 Untuk Usia 3 Tahun

Setelah lancar menguasai dua hal diatas untuk cara melatih anak lancar bersepeda, tak ada manfaatnya terlalu lama membiarkan anak tetap menggunakan sepeda roda tiga. Selama anak tumbuh normal, sepeda roda 3 sudah harus dihentikan penggunaanya saat anak sudah berusia 3 tahun. Sudah saatnya untuk beralih sepeda roda dua dengan training wheels, dua roda yang dipasang di kanan kiri roda belakang sebagai alat bantu penyeimbang. Dengan sepeda ini anak dapat belajar menjaga keseimbangan dan cara mengerem.

Gunakan Training Wheels

Pemasangan training wheels perlu diperhatikan. Pemasangan yang terlalu rendah akan sia-sia karena fungsinya sebagai “alat bantu” juga tak ada. Jika terlalu tinggi juga kurang pas karena sepeda akan mudah miring kiri kanan jika anak belum stabil menjaga keseimbangan. Jarak ideal dengan permukaan tanah adalah sekitar 2,5 cm. Jika anak sudah mahir menjaga kestabilan dan paham cara mengerem yang benar maka training wheels ini perlu dilepas.

Gunakan Ukuran Sepeda Yang Lebih Kecil

Apapun sepeda yang hendak dipakai (jika tidak memakai sepeda roda 3 terlebih dahulu), sebaiknya gunakan sepeda dengan ukuran yang lebih kecil dari seharusnya saat mulai berlatih. Anak bisa belajar menapak dengan 2 kaki atau langsung belajar mengayuh disertai orang tua yang memegangi sepeda dari belakang. Satu hal lagi, meskipun sebagian besar anak sudah bisa naik sepeda saat berumur 5-6 tahun, bukan berarti anak yang lebih tua dari usia ini tak layak “masih” belajar naik sepeda.

LEAVE A REPLY