SHARE
pabrik sram

Sambungan dari : Mengintip Development Center Industri SRAM

BIKESTREAK – Sram dibeli perusahaan pada 2004. Karenanya, banyak produk Truvativ dibuat di tempat yang sama dengan produk Sram yang lain. Sejak saat itu, fasilitas truvativ terus berkembang pesat dari sebelumnya.

Pabrik truvativ terletak di pedesaan. Tampak beberapa bangunan pabrik (tak hanya pabrik sram) yang berdekatan dengan sawah.

mepet sawah

Di dalam setiap unit bangunan industri SRAM terdapat proses produksi part sepeda yang efisien berdasarkan prinsip manufaktur seperti TQM (Total Quality Management), TPM (Total Productive Maintenance), dan TPS (Total Production System). Semuanya telah dirancang untuk menciptakan sebuah proses yang bertumpu pada persediaan sumber daya just in time dan memastikan kualitas yang konsisten.

Proses produksi serat karbon diawali pada ruang pemotongan. Lembaran bahan mentah karbon  dipotong dari gulungan yang disimpan di freezer dan kemudian dipangkas untuk ukuran yang tepat menggunakan mesin ataupun dengan tangan. Tidak dijelaskan secara spesifik bagaimana struktur pembuatan crankset karbon hingga menghasilkan part yang sepenuhnya berongga.

mentahan serat karbon

potongan bahan karbon

Setelah mentahan karbon diletakkan pada tempatnya, semua kommponen diletakkan pada cetakan baja. Setelah karbon dikeluarkan dari cetakan, beberapa kelebihan resin akan dibersihkan. Rangkaian pengamplasan dan pemolesan dilakukan dengan tangan ataupun penggiling.

cetakan karbon

potongan bekas resin

Komponen karbon setelah selesai dipoles, selanjutnya diberi motif decal. Tampak beberapa komponen sebelum dan sesudah dibalut decal.

before decal

after decal

Berlanjut pada pembuatan parts Truvatif yang menggunakan mesin CNC. Pada gambar tampak sejumlah bahan baku pembuatan crankset. Sangat banyak parts aluminium yang dproduksi disini. (END)

Sumber : Bikerumor

LEAVE A REPLY