SHARE
kaki halus

BIKESTREAK – Saat awal-awal mengamati pembalap roadbike mungkin pernah terbersit dalam pikiran mengapa semua pembalap tersebut mencukur bulu kaki hingga halus. Meski memiliki kaki bersih dari bulu, tentu saja mereka bukan waria. Nampaknya tidak banyak artikel yang membahas soal ini. Apakah dengan mencukur habis bulu kaki dapat membuat lebih aerodinamis dan laju sepeda menjadi lebih cepat?

Specialized kini telah meneliti hal itu. Mereka melalukan uji coba menggunakan terowongan angin yang juga digunakan untuk melakukan tes apakah jenggot juga mempengaruhi tingkat aerodinamika pada para rider.

Dalam dunia persepedaan, specialized menyimpulkan bahwa dengan mencukur bulu kaki akan dapat menghemat hingga 70 detik dalam 40 km yang ditempuh. Pada  pengujian terowongan angin telah menunjukkan bahwa kaki yang licin lebih aerodinamis daripada kaki yang berbulu.

wind tunnel

Selain memberi manfaat aerodinamis, kaki yang halus mempermudah untuk pemijatan kaki. Pembalap sepeda tentu sering melakukan pemijatan kaki karena telah mengayuh pedal menempuh jarak ratusan kilometer. Disamping alasan tersebut, mencukur kaki juga sudah menjadi tradisi bagi pembalap roadbike.

LEAVE A REPLY