SHARE
spoke sepeda

BIKESTREAK – Menyambung artikel sebelumnya, kali ini berlanjut pada pembahasan spoke atau biasa disebut ruji sepeda. Spoke sebagai penghubung rim dengan hub menjadi penunjang kekuatan sebuah wheelset. Oleh karenanya, unsur kekuatan menjadi hal penting pada komponen ini. Jumlah spoke tentu harus sesuai dengan jumlah lubang pada hub dan rim. Cara pemasangan dan tingkat ketegangan perlu diperhatikan agar kekuatan masing-masing sisi wheelset merata.

Pilihan Material

Banyak pilihan material yang tersedia saat ini yang tentu saja perbedaan bahan ini berpengaruh pada kekuatan, berat, ketahanan, dan tentu saja harga, seperti kata pepatah “rego nggowo rupo”.

Stainless steel. Bahan ini tak perlu diragukan kekuatannya( selama dalam batas wajar), dan juga tahan karat.

Karbon. Selain pada frame, ada juga spoke yang terbuat dari karbon, namun masih ada keraguan soal kekuatannya.

Titanium. Unsur yang menurut ilmu kimia disebut “Ti” ini memang kuat, namun jarang digunakan karena harga yang terlalu mahal. Spoke titanium ini hanya bisa dipadu dengan nipple berbahan kuningan. Hal ini berbeda dengan spoke stainless yang harus memakai nipple dari aluminium.

Jumlah Spoke

Spoke yang beredan dipasaran umumnya berjumlah 32 dan 36 dalam 1 wheelset. Namun ada juga wheelset yang hanya diperkuat oleh 28, 24, bahkan 16 buah spoke. Pengurangan ini tentu bertujuan untuk pengurangan berat yang biasa digunakan pada road bike. Hal ini tak berlaku bagi sepeda dirtjump, apalagi downhill dan freeride.

Guna memperoleh performa optimal, biasanya roda belakang menggunakan spoke lebih banyak dibanding roda depan, karena roda belakang mendapat beban lebih besar dari roda depan. Contohnya, 32/32 diganti menjadi 28/36.

Spoke Gauge

Asing dengan istilah ini? Spoke gauge adalah ukuran diameter spoke. Saat ini ukuran yang sebelumnya menggunakan kode gauge telah diganti menjadi ukuran per mm.

13 gauge = 2,3 mm ; 14 gauge = 2mm ; 15 gauge = 1,8 mm ; 16 gauge = 1,6 mm

Jenis Spoke

Bentuk spoke terdiri dari 5 macam.

Single-butted: bentuk sama dari ujung ke ujung yang bengkok untuk menahan hub dan ujung lain terhubung nipple. Model ini cocok pada lubang standar.

Double-butted: ukuran ujung spoke yang lebih besar dari bagian tengahnya. Spoke ini dipakai untuk memperingan bobot dan memiliki daya elastis untuk sedikit meredam tekanan.

Triple-butted: jenis ini baik untuk ketahanan dan kekuatan. Diameter spoke membesar pada bgian yang berulir (yang terhubung rim).

Aero (elips): ini merupakan variasi dari double-butted, yaitu spoke yang memipih dibagian tengah. Hal ini ditujukan untuk menambah efek aerodinamis.

Aero (bladed): model ini lebih tipis dari model elips. Dengan memipihnya spoke, maka lubang pada hub harus melebar. Jenis ini hanya kompatibel pada jenis hub tertentu.

jenis ruji

Nipple

nipple ruji

Tak perlu berpikir negatif. Bagian ini merupakan penahan spoke pada lubang rim. Biasanya terbuat dari aluminium karena dapat bekerja dengan baik dengan berat yang efisien. Nipple bahan aluminium digunakan pada rim dengan eyelet yang tidak berbahan aluminium. Apabila sesama aluminium bertemu akan terjadi reaksi yang lama-kelamaan membuatnya mudah aus. Bahan lain untuk nipple adalah nikel berlapis kuningan. Bahan ini tahan karat dan tidak merusak ulir pada spoke.

LEAVE A REPLY