SHARE
rim carbon

BIKESTREAK – Rim atau velg saat ini tersedia dalam berbagai material, seperti karbon, dan yang paling sering digunakan yaitu aluminium. Untuk kelas low entry masih memakai bahan besi.

Banyak hal yang menentukan pemilihan rim, yaitu ukuran, hub yang dipakai, jenis rem, dsb.. Ukuran rim umumnya tergantung dari jenis sepeda. Hub dan lubang spoke tentu harus sesuai. Sementara rem menentukan bentuk dari dinding luar rim / velg. Rim untuk sepeda yang memakai v-brake atau cantilever berbeda dengan rim yang dipasangkan dengan disc brake. Rim memiliki bagian-bagian yang perlu dipahami.

Bead Seat Diameter (BSD)

Sisi velg atau bead seat mempunyai beragam bentuk. Perbedaan bentuk ini menyesuaikan jenis rem yang dipakai. Jika memakai rem v-brake, bagian sisi harus rata agar kampas rem dapat mencengkram dengan baik. Untuk pemakaian disc brake, bagian sisi rim dapat berbentuk oval.

ukuran bsd

Ukuran BSD:

– 700: bead seat diameter 622 mm

– 650b: bead seat diameter 584 mm

– 650c: bead seat diameter 571 mm

– 29”: 622 mm sama seperti road bike

– 26”: bead seat diameter 559 mm

– 24”: bead seat diameter 520 mm

Dinding rim

Bagian dinding velg memilik bentuk single wall ataupun double wall. Seperi namanya single wall terdiri dari 1 lapisan dan double wall terdiri dari 2 susun lapisan. Meski hanya 1 lapisan, belum tentu lebih ringan. Bobot single wall kadang lebih berat karena untuk menambah kekuatannya lapisan ini dipertebal sedemikian rupa. Rim double wall memiliki kekuatan yang lebih baik dan tentu dengan harga yang lebih mahal juga. Rim jenis ini juga berfungsi lebih aerodinamis, terutama pada rim jengan jumlah lubang spoke yang jarang.

velg sepedavelg sepeda

Diameter

Umumnya diameter rim lebih besar 6-8 mm dari ukuran bsd-nya. sebenarnya ini bukan ukuran patokan.

Circumfence

Circumfence adalah jarak keliling rim. Untuk mengetahuinya dapat diukur dengan tali yang dipasang mengitari rim.

Lebar bagian dalam dan luar rim

Lebar bagian dalam rim dihitung dari jarak antar kedua sisinya (bagian yang menahan ban luar). Selain itu bentuk dari ujung bsd juga menentukan karena desain rim sangat bervariasi. Sedangkan lebar bagian luar juga tergantung dari jenis sepeda. Ukuran 19-23,5 mm untuk road bike dan 25-50 mm untuk sepeda MTB.

Eyelet

Eyelet merupakan lubang spoke. Pada rim aluminium biasanya bagian eyelet diperkuat dengan besi untuk menahan rim saat tertarik oleh spoke / jeruji.

Karakteristik khusus

Kebutuhan akan velg juga tergantung dengan jenis ban dalam yang digunakan. Untuk ban tubless atau tanpa ban dalam, velg harus mampu menahan udara didalamnya. Bagian dalam dari rim ini biasanya menggunakan penutup dengan bahan karet ataupun plastik yang membuatnya menjadi kedap udara.

Model velg tubetype atau dengan ban dalam, bagian dalam rim harus diberi lapisan penutup lubang spoke. Hal ini untuk mencegah ban dalam tergores ujung spoke yang tajam yang menyebabkan ban bocor.

Rim tubular

rim carbon

Beberapa velg memakai desain tubular. Model ini memiliki sebutan lain yaitu sew-up. Jenis ini memiliki desain hampir sama dengan rim pada umumnya. Ban yang digunakan tidak memerlukan tekanan udara didalamnya, atau biasa disebut ban mati. Ban tersebut ditempelkan pada rim menggunakan perekat khusus dalam pemasangannya. Rim yang hanya dipakai pada roadbike ini memiliki kelemahan, yaitu sulitnya proses penggantiannya karena memerlukan tenaga ekstra untuk melawan daya rekat lem. (bersambung)

4 COMMENTS

  1. rim 26″ biasa dengan rim 26″ double wall dengan dinding tinggi seperti model fixie atau roadbike, apakah memiliki ukuran spoke, ban dalam, dan luar yang sama??
    Terima Kasih admin

    • untuk ban luar dan dalam seharusnya sama.
      untuk spoke umumnya tetap memiliki ukuran standard. mengenai masalah ketinggian sepertinya tidak ada masalah selama ulir tidak menyentuh karet pelindung ban dalam.

  2. Bagaimana cara mengetahui ukuran/jenis/tipe rim untuk ukuran ban luar, misal saya ingin menggunakan ban luar ukuran 26 x 1.25, tipe/jenis/ukuran rim bagaimana/spt apa yg harus saya beli?

LEAVE A REPLY