SHARE
rak sepeda

BIKESTREAK – Victoria layak dijadikan komparasi bagi kemajuan aksi bike to work. Setiap tahun sekali seluruh penduduk negara bagian di Australia ini dianjurkan mengunakan sepeda menuju tempat kerja untuk memperingati ride to work day. Even yang diprakarsai organisasi Self-funded Bicycle Victoria itu berhasil menuai sukses. Dengan tag More Power Cycling More Often kini anggotanya mencapai puluhan ribu orang.

Kini cakupannya makin meluas. Tak hanya kampanye kegiatan yang dilakukan besar-besaran, fasilitas pendukung juga berkembang dengan baik, salah satunya pembangunan parkir sepeda. Fasilitas ini menjadi pendorong meningkatnya kegiatan bersepeda ke kantor. Untuk itu Bicycle Victoria mempromosikan sarana parkir sepeda yang bisa diterapkan pada masing-masing kantor. Sebuah handbook mengenai hal itu sempat diterapkan dengan judul The Bicycle Parking. Buku ini menjelaskan pembangunan parkir sepeda dengan memperhatikan aspek pemilihan lokasi, kecukupan ruang, desain, dan tentu saja keamanan sepeda.

ride2work-day

 Pemilihan Lokasi

Bicycle Victoria menjelaskan pemilihan lokasi yang terjangkau, tak mengganggu pejalan kaki maupun pengguna kendaraan bermotor. Jarak antar tempat parkir dan pintu gedung sebaiknya berkisar antara 30-70m dan memiliki akses mudah dan layak untuk ruang ganti pakaian maupun loker.

Sepeda baru ataupun bekas juga perlu perlindungan dari panas dan hujan agar komponen tak termakan korosi. Terkait hal ini, tempat parkir yang digunakan dalam waktu lama disarankan memiliki atap, meskipun tak harus. Banyak ruang di lahan parkir mobil yang bisa dimanfaatkan sebagai lahan parkir sepeda, ruang kosong di pojok atau celah deretan misalnya.

Kecukupan Ruang

Efisiensi penggunaan ruang perlu diperhatikan. Satu unit ruang parkir idealnya dapat menampung 20-50 unit sepeda. Koridor keluar masuk sepeda haruslah mudah, termasuk akses jalan kaki dari ruang parkir. Perlu jarak secukupnya agar sepeda tak terlalu berdempetan.

Model Tempat Parkir

Bentuk tempat parkir yang baik haruslah dapat dipakai segala jenis sepeda dewasa dan berbagai variasi model kunci. Material yang digunakan tentu harus tahan lama dan minim perawatan.

Faktor Keamanan Sepeda

Setiap tempat parkir wajib terjamin keamanannya. Oleh sebab itu perlu memperhatikan penyediaan lokasi, penerangan, serta pengawasan jika perlu.

Desain Ruang Parkir

Dengan desain tempat parkir yang atraktif, secara tak langsung akan menumbuhkan minat seseorang untuk bersepeda. Pemberian warna yang cerah akan lebih menarik, jika perlu dengan desain yang anti mainstream tanpa mengurangi faktor-faktor penting.

LEAVE A REPLY