SHARE

BIKESTREAK – Nama SRAM diambil dari para inisial nama foundernya, yaitu S dari Scott King, R dari Ray, dan AM dari Sam Patterson. Awalnya akan mendirikan rumah produksi di Chicago, karena alasan tertentu mereka memilih Taiwan sebagai industri dengan menyewa bangunan kecil.

Prototype shifter pertama diluncurkan pada 1988, dan pada 1994 Sram membuat derailleur pertama dengan kode ESP 900, dan mengawali membuat lini produk X0 pada 1997 setelah mengakuisisi Sachs.

Berlanjut dengan pembelian RockShox pada 2002, Avid & Truvativ pada 2004, Zipp pada 2007, dan terakhir mengakuisisi Quarq pada 2011. Sekarang ini Sram memiliki sekitar 3000 karyawan di 20 lokasi di berbagai negara dengan kantor pusat berlokasi di Chicago dan sebagian besar proses produksi dibuat di China & Taiwan.

Untuk melihat lebih jauh pembuatan sparepart sepeda seperti salah satunya adalah suspensi, groupset dan drivetrain, biarlah foto dibawah ini yang berbicara.

Gambar diatas merupakan proses pembuatan suspensi. Seperti industri besar lainnya, quality control disini sangat ketat. Beberapa pekerja mengikuti petunjuk langkah demi langkah. Sebagian besar pekerjaan tetap dilakukan dengan tangan, dan tentu saja juga terdapat beberapa mesin canggih yang bekerja melakukan tugas-tugas khusus.

Tampak mesin yang bekerja dalam pembuatan shifter. Produk shifter Sram memang dikenal cukup sederhana dibanding kompetitor, namun dibalik proses produksinya terdapat prosedur yang rumit.

Ini perupakan salah satu dari SPC (Statistical Process Control). Setiap stasiun digunakan untuk memeriksa produk ketika mereka bergerak melalui proses manufaktur, termasuk pembuatan FD.

Tampak beberapa pekerja sedang merakit RD, dan foto berikutnya ialah ruangan kantor untuk insinyur. Mereka tampak tidak memakai pakaian karyawan pada umumnya.

Ada beberapa peralatan pengujian yang cukup canggih di sekitar pabrik. Uji laboratorium oleh manufaktur kaset memiliki Duramax CMM sendiri (coordinate measuring machine). Proses yang tak kalah menarik adalah pembuatan sprocket baja dengan CNC. BersambungMelihat Development Center Pabrik SRAM Di Taiwan

Sumber: Bikerumor

LEAVE A REPLY