SHARE
minuman bersoda

BIKESTREAK – Kandungan 140 kalori memang tidak akan mengganggu bagi anda yang menjalankan program diet. Meskipun minuman ini akan terasa sangat nikmat jika diminum dalam kondisi dingin setelah berolahraga, cola bukanlah minuman untuk pemulihan yang baik. Selain memiliki manfaat, ada beberapa kerugian minuman cola bagi kesehatan.

Perbandingan kandungan fruktosa & glukosa yang ada dalam cola kurang lebih sekitar 55% (fruktosa) dan 45% (glukosa). Meski memberikan tambahan energy, minuman ini tidak memiliki kandungan natrium dan protein yang cukup untuk melakukan proses rehidrasi yang memadai.

Dengan kandungan gula yang berlebih dan juga tinggi karbohidrat, cola bukanlah minuman berenergi yang ideal. Akan lebih baik jika mengkonsumsi cola dibarengi dengan camilan yang mengandung protein dan sodium yang cukup, tentunya dengan tambahan air mineral / air putih. Dan tak perlu dijelaskan lebih lanjut, sudah banyak yang mengetahui jika terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda juga tidak baik.

Disamping cola yang tergolong larutan hipertonik, masih banyak varian sport drink (baik itu hipotonik, isotonic, atau hipertonik) yang lebih cocok untuk proses rehidrasi tergantung dari tingkat olahraga yang dilakukan. Ketiganya digolongkan berdasarkan kandungan karbohidrat yang berbeda-beda.

LEAVE A REPLY