Mountain Bike

Home Mountain Bike
berita terbaru seputar mountain bike dari dalam maupun luar negeri

Tips Panduan Merakit Sepeda Gunung MTB Rp 3 Jutaan

Merakit Sepeda – Jika anda memiliki uang dengan jumlah yang banyak tentu bisa dengan mudah membeli sepeda MTB yang ada di toko, namun berbeda halnya dengan mereka yang memiliki uang terbatas tentunya sangat sulit untuk mempertimbangkan sepeda MTB mana yang mau dibeli,

Namun sebenarnya dengan hanya uang Rp 4,5 – 5,5 juta saja terdapat banyak pilihan sepeda gunung yang bisa anda tentukan dan bahkan dari merek ternama baik itu dari dalam maupun luar negeri, hanya saja spesifikasi yang anda peroleh sudah pasti sangat minim atau termasuk tipe terendah. Seperti hanya dilengkapi Groupset masih 7-8 speed campuran Shimano Acera, Altus dan non series. Selain itu Brakeset juga masih sistem mekanik.

Tapi kalau Anda pengen biaya yang lebih murah sebenarnya bisa dengan merakit sendiri dan biayanya pun hanya sekitar Rp 3,5 juta. Dengan biaya tersebut anda sudah bisa merakit sendiri sepeda dengan spesifikasi lebih lengkap seperti groupset Alivio 3×9 speed dengan brakeset hidroliknya. Selain itu frame hardtail lokal juga bisa anda peroleh dan secara kualitas sudah cukup bagus dari sisi kekuatan dan model.

Baca juga : Harga Sepeda Gunung Merida Terbaru

Sedangkan jika anda memiliki uang hanya Rp 1-2 juta part sepeda rakit yang diperoleh juga lebih rendah. Untuk semua pengeluaran tersebut hanya untuk komponen saja sedangkan dana tambahan mungkin hanya digunakan untuk membeli helm, jersey, celana padding dan lain sebagainya.

Berikut saya berikan daftar harga part merakit sepeda MTB dengan dana kurang dari Rp 3,5 juta . Semua part tersebut dalam kondisi baru dan yang pasti memiliki kualitas bagus. Anda bisa membelinya sendiri di toko-toko sepeda atau bisa juga membeli secara online, semoga bermanfaat:

Frame United Dominate 011  Rp       700,000
Groupset Shimano Alivio 2012 – 3×9 speed  Rp    1,350,000
Crank set + BB octalink
FD
RD
Sproket
Chain
Shifter
Brakeset Hydrolik
Rotor
Hub/Freehub FH-RM66  Rp       220,000
Rims Araya TX-633 sepasang  Rp       180,000
Spokes Stainless Steel 1 set  Rp         50,000
Tires United Oshaka 26×2.10 2×70000  Rp       140,000
Tubes United 2×17500  Rp         35,000
Fork SR Suntour XCT 100mm  Rp       300,000
Headset Token 020AC  Rp         75,000
Spacer  Rp         30,000
Stem Nukehead/Zoom  Rp         70,000
Handlebar Polygon/United/Zoom  Rp         75,000
Grip Velo  Rp         25,000
Seat Velo United  Rp         75,000
Seatpost Uno + seatclamp  Rp       125,000
Seatclamp
Pedal Wellgo/United non bearing  Rp         45,000
 Total  Rp    3,495,000

Cara Mengetahui Ukuran Frame Sepeda Yang Benar

Frame Sepeda MTB – Bagi anda yang berminat membeli sepeda baru atau hanya frame saja untuk merakit sepeda harus memperhatikan beberapa hal termasuk mengetahui ukuran frame yang cocok dengan tinggi badan kita. Hal itu bertujuan untuk memberikan sara nyaman dan aman selama berkendara.

Bayangkan saja kalau ukuran frame sepeda kita lebih besar maupun lebih kecil sudah pasti sangat tidak nyaman digunakan. Jika terlalu besar kita membutuhkan tenaga ekstra untuk mengayuhnya dan sebaliknya apabila terlalu kecil maka kita merasa sangat kesulitan sebab pedal yang kita kayuh terasa lebih pendek.

Untuk itu anda harus menghitung Geometri sepeda dengan ukuran tubuh anda sebelum membelinya karena jika salah justru nanti menyesal setelah membeli sepeda dengan harga mahal.

Tapi anda tidak perlu khawatir karena di zaman yang serba canggih dan modern seperti saat ini semua dimudahkan oleh teknologi. Cukup dengan melakukan pengecekan di website masing-masing brand sepeda. Biasanya ukuran frame sepeda adalah XS, S, M, L dan XL atau jika memakai ukuran inch aseperti 14, 15, 16, 17, 18, 19.

Baca juga : Harga Sepeda Adrenalin Terbaru

Sedangkan untuk mengukur ukuran frame yang cocok untuk tubuh kita bisa melalui cara seperti berikut ini :

1. Apa saja variabel pengukurannya?

Variabel pengukurannya antara lain; tinggi badan/height dan panjang inseam atau jarak pangkal paha ke tanah

2. Bagaimana mengukurnya?

Dengan menggunakan penghitung atau tabel yang telah distandarisasi. Seperti dalam pembahasan di bawah nanti.

3. Apa yang dihasilkan?

Berupa angka ukuran frame yang menggunakan metode C-T (Center to Top) yaitu menghitung jarak dari pusat Bottom Bracket (BB) hingga ujung atas seat tube. Selain itu juga menghasilkan angka ukuran crank yang dihitung dari poros crank (BB) hingga ke poros pedal, hal ini dimaksudkan agar pengendara lebih nyaman ketika mengayuh pedal.

Mulai menghitung:

1. Lepaskan alas kaki kemudian berdiri tegak dengan tumit, pantat dan kalau bisa punggung menempel pada dinding yang tegak lurus. Jarak kedua telapak kaki membenggang kira-kira 30 cm seperti ketika mengayuh sepeda.

2. Mintalah seseorang mengukur tinggi badan anda (height) dan mengukur jarak dari lantai hingga pangkal paha atau selakangan (inseam). Catat keduanya

Situs 1 : Cek Frame Sepeda
Situs 2 : Cek Frame Sepeda
Situs 3 : Cek Frame Sepeda

3. Buka website dan pilih jenis sepeda anda. Kemudian masukkan angka-angka tadi ke tiap form.  Pada form Leg Length, masukkan angka inseam anda. Jika anda sulit mengkonversi ke Inchi maka ganti menjadi Centimeters pada kiri bawah.

4. Klik submit maka anda akan diberikan sheet data ukuran frame dan crank yang tepat untuk tubuh anda berikut range ukuran yang memungkinkan.

5. Jika anda enggan untuk menggunakan kalkulator online tersebut, maka anda juga bisa mendownload tabel frame & crank size.

6. Jika ukuran sepeda anda yang dimiliki saat ini tidak pas maka jangan berkecil hati, tetaplah bersepeda.

Berikut contoh tabel pengukuran ukuran tubuh :

Harga Sepeda Gunung Merida Terbaru November 2017

Harga Sepeda Merida – Kalau Anda berencana membeli sepeda gunung yang kuat untuk berpetualang mendaki gunung ada banyak sekali pilihan merek ternama yang beredar dipasaran dan salah satunya yaitu sepeda merk Merida. Sepeda yang satu ini memiliki spesifikasi sangat mumpuni dan bisa menjadi referensi buat anda dalam menentukan sepeda gunung terbaik.

Soal harga sepeda Merida tersebut juga bervariasi mulai dari harga yang paling murah sampai yang paling mahal dan semua itu tergantung dari anda memilih yang mana. Sedikit informasi tentang sepeda gunung adalah sepeda yang khusus digunakan untuk para pecinta petualangan, olahraga yang satu ini sekarang menjadi tren baru bagi masyarkat karena tidak hanya menyehatkan namun juga membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Nah untuk Anda yang tertarik untuk membeli sepeda gunung merek Merida berikut informasi daftar harga lengkapnya :

1. Sepeda Merida MTB Bycyle Julliet
Untuk Merida MTB Btcyle Julliet memiliki desain yang keren dan berkelas. Sepeda gunung ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 6 juta saja.

2. Sepeda MTB Merida 13 Big 9
Berikutnya ada MTB Merida 13 yang dibekali dengan desain sporty nan elegan. Harganya lebih mahal dari sebelumnya yaitu Rp 7 jutaan.

Baca juga : Harga Sepeda Gunung Polygon 4 Jutaan

3. Sepeda MTB Merida 13 Matts 40
Sepeda MTB Merida Big 9 memiliki harga yang cukup terjangkau dan cocok bagi pemula. Varin ini hanya dibanderol Rp 5 juta saja dengan piihan warna hitam putih yang menarik.

4. Sepeda MTB Merida 13 1-20 500
Berikutnya ada Sepeda MTB Merida 13 1-20 500 dengan dua warna yaitu abu-abu dan merah, sepeda ini memiliki harga yang cukup mahal namun jangan salah secara kualitas sudah pasti sangat memuaskan.

Itulah daftar harga sepeda gunung terbaru dari merek Merida. Semua seri diatas bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan dan budget anda, jadi kalau anda masih pemula tidak ada salahnya untuk membeli yang paling murah.

Harga Sepeda Phoenix Gunung, BMX, Mini Dll November 2017

BIKESTREAK – Harga Sepeda Phoenix, Dalam perkembangannya sepeda tidak hanya digunakan untuk memenuhi aktivitas sehari-hari saja namun juga menjadi sebuah kebutuhan demi menjaga kebugaran tubuh. Tidak mengherankan kalau sekarang banyak perusahaan sepeda yang mengeluarkan produk-produk terbarunya untuk ditawarkan ke konsumen.

Salah satunya yaitu Phoenix yang sudah lama ikut meramaikan pasar industri sepeda secara global. Merek yang satu ini diproduksi oleh Phoenix Company Ltd atau Shanghai Phoenix Bicycle yang merupakan perusahaan sepeda asal Cina. Selama karirnya Phoenix berhasil melalang buana hingga lebih dari 50 negara termasuk Indonesia.

banyak kelebihan yang dimiliki oleh sepeda Phoenix ini seperti harga cukup murah dan terjangkau namun secara kualitas sudah sangat memuaskan, belum lagi didukung pula dengan berbagai teknologi terbaru yang canggih dan mutakhir untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi penggunanya.

Sepeda Phoenix dirancang menggunakan material terbaik yang proses pembuatannya diawasi langsung oleh para ahli sehingga memenuhi standar keamanan internasional. Berikut daftar harga sepeda Phoenix terbaru yang akan saya berikan secara lengkap khusus untuk anda para pecinta gowes:

Harga Sepeda Phoenix

Sepeda Gunung Phoenix

No Tipe Sepeda Harga
1 Sepeda Gunung Phoenix 117 Rp 1.350.000,-
2 Sepeda Gunung Phoenix Fashion Rp 1.200.000,-
3 Sepeda Gunung Phoenix Sport Rp 1.150.000,-
4 Sepeda Gunung Phoenix Pro Racing Fashion Rp 1.400.000,-

Sepeda Lipat Phoenix

No Tipe Sepeda Harga
1 Sepeda Lipat Phoenix Suspension Rp 1.150.000,-
2 Sepeda Lipat Phoenix 7speed Shimano Rp 950.000,-
3 Sepeda Lipat Phoenix Anank-ank 16″ 6speed Rp 850.000,-

Sepeda Anak Phoenix

No Tipe Sepeda Harga
1 Sepeda Anak Phoenix 515 Rp 540.000,-
2 Sepeda Anak Phoenix Roda 12 Rp 550.000,-

Sepeda City Phoenix

No Tipe Sepeda Harga
1 Sepeda City Bike Phoenix Fashion 6 Speed Rp 1.200.000,-

Sepeda BMX Phoenix

No Tipe Sepeda Harga
1 Sepeda BMX Phoenix 20″ 718 Rp 700.000,-

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh sepeda Phoenix tersebut setidaknya bisa menjadi referensi buat anda untuk bisa memiliki sepeda terbaik dengan harga murah. Anda dapat dengan mudah membeli sepeda Phoenix tersebut baik di toko sepeda atau di toko online.

Baca Juga : Harga Sepeda Lipat Phoenix Bekas

Namun jika uang anda tidak cukup untuk membeli sepeda Phoenix terbaru maka tidak ada salahnya membeli yang versi seken dan tentu saja harganya jelas lebih murah. Demikian tadi sedikit informasi tentang harga sepeda Phoenix beserta berbagai keunggulannya.

Jajaran Sepeda Downhill Terbaik Dan Terbaru 2016-2017

0

BIKESTREAK – Setiap tahun antar pabrikan sepeda selalu berlomba membuat pengembangan bagi produk-produknya, terlebih untuk memperebutkan market sebagai sepeda downhill terbaik yang penuh inovasi. Jika tidak ada persaingan, maka Inovasi sudah dapat dipastikan mati saat itu juga / tidak ada inovasi.

Namun ada kalanya inovasi tak selalu bergantung pada persaingan secara langsung namun ada beberapa faktor eksternal yang membuat bagaimana sebuah pabrikan harus melakukan Inovasi terhadap produknya meski tidak ada kompetisi langsung, karena tuntutan zaman misalnya. Contoh soal penggunaan ukuran ban 26” yang beralih menjadi 27.5”.

Berikut ini line up sepeda downhill terbaru:

Rocky Mountain Maiden 2016

rocky mountain

Setelah hampir 4 tahun melakukan pengembangan, Rocky Mountain dengan bangga meluncurkan sepeda downhill yang dinamai Maiden. Sepeda yang menjadi pengembangan dari RM Flatline ini juga merupakan ujung tombak pabrikan ini. Frame yang terbuat dari carbon dirancang untuk Kompetisi World Cup, freeride, maupun digunakan dalam bike park. Maiden diproduksi dalam 2 ukuran ban, 26” dan 27,5”.

Nukeproof Pulse 2016

pulse 8

Dalam waktu singkat Nukeproof telah memantapkan diri menjadi pesaing utama dalam kompetisi downhill. Tahun 2015 lalu nukeproof telah meluncurkan Pulse versi 2016 dengan ban 27,5” yang menjadi pengembangan sejak pertama dikeluarkan untuk versi 2012.

Intense M16

intense downhill

Seperti tahun-tahun sebelumnya, desain sepeda downhill keluaran intense selalu tampak dengan siluet serupa. Downhill bike keluaran intense merupakan salah satu sepeda downhill terbaik. Intense-lah yang menjadi pabrikan pertama yang meluncurkan sepeda downhill dengan ban 27,5” dengan produk 951EVO, dan M16 ini merupakan inovasi dari produk sebelumnya.

Polygon Collosus DH9

polygon downhill

DH9 dilengkapi dengan “floating suspension” dengan travel 203 mm dan roda ukuran 27.5” untuk melewati setiap turunan yang curam, melibas cepat rintangan berbatu, dan melakukan lompatan besar. Sepeda andalan Polygon UR Team ini hadir dengan gabungan frame ALX pada bagian segitiga depan dan ACX pada segitiga belakang. Sepeda ini juga dilengkapi dengan “flip chip” pada bagian rear shock yang dapat digunakan untuk menyesuaikan geometri sepeda dan mengatur ketinggian BB untuk mengakomodasi rider yang memilih roda ukuran 26”.

Kona Supreme Operator

kona downhill

Tidak seperti kebanyakan sepeda downhill lain yang menggunakan wheel size 27,5″ , downhill bike keluaran kona tetap menggunakan ukuran ban 26″. Supreme Operator menggunakan material carbon pada segitiga depan. Dilengkapi shifter dan RD Sram DH X01.

Commencal Supreme DH V4 2016

Commencal DH

Commmencal DH Supreme dilengkapi dengan sistem suspensi yang mana mereka menyebutnya HPP (High Principal Pivot). Modifikasi geometri frame DH terbaru ini diklaim lebih cepat dan lebih fleksibel dibanding geometri frame DH sebelumnya.

Banshee Legend 2016

banshee downhill

Ada sejumlah perubahan yang signifikan pada Banshee Legend 2016. Menggunakan suspense dengan travel 205mm yang dipadukan dengan roda 650b, linkage yang juga telah didesain ulang untuk menjaga chainstay tetap bekerja optimal di trek DH. Geometri frame juga mengalami perubahan berdasarkan review dari para rider. Lalu manakah yang mendapatkan predikat sebagai sepeda downhill termahal? Mahal atau murahnya sebuah sepeda belum tentu menjamin tingkat kepuasan, tetapi lebih dipengaruhi oleh rasa syukur.

Sekilas Prototype Sepeda Polygon Collosus DH 27,5″

0
collosus dh 650b

BIKESTREAK – Model ini merupakan prototype polygon Collosus DH ke 2 kalinya. Frame aluminium ini dapat menyesuaikan pada ukuran ban 26” maupun 27,5” dengan menggeser perangkat semacam chip adjustable pada drop out dibagian swing arm. Dengan adanya fitur ini diharapkan dapat menyesuaikan kondisi trek apakah medan lintasan tersebut lebih cocok menggunakan ban 26” atau 27,5”.

Untuk efisiensi berat, seluruh part dari frame menggunakan material titanium dan carbon. Crankset E13 TRS disematkan pada frame ini, ditambah stem keluaran Spank untuk memangkas bobot frame. Meskipun memperhitungkan bobot frame agar seringan mungkin, bukan berarti akan mengurangi kekuatan dan daya tahannya.

Sistem suspensi belakang kali ini berbeda dengan versi prototype sebelumnya yang dipasang secara vertikal. Rear shock tersebut dipasang dibawah seat tube dalam posisi yang lebih horizontal pada downtube. Suspensi belakang sepeda downhill ini dijepit diantara folating dual link untuk memiliki daya redam yang baik. Masih ada sejumlah prototype pada shock belakang untuk mencari komposisi yang sehalus mungkin.

suspensi collosus dh 650

Ohlins Keluarkan Suspensi Upside Down Fork Sepeda Downhill

0
downhill usd fork

BIKESTREAK – Nama besar Ohlins lebih banyak dikenal sebagai produsen suspensi kelas atas untuk pasar otomotif. Moto GP dan Superbike-pun menggunakan suspensi ini. Di area sepeda, Ohlins juga mengeluarkan produk suspensi untuk fork dan rearshock, sehingga menjadi pesaing Fox, Rockshox, Marzocchi, maupun X-Fusion.

Tak seperti fork pada umumnya, kali ini Ohlins mengeluarkan fork upside down untuk sepeda (atau bisa juga disebut inverted fork) yang dikhususkan untuk downhill. Suspensi upsidedown sebenarnya memang bukan hal baru dilingkungan sepeda. Meskipun semua motocross untuk kompetisi menggunakan suspensi jenis ini, namun hal ini berbeda dengan sepeda downhill. Hal tersebut memang tak bisa disamakan.

Ohlins telah bekerja sama dengan Specialized selama beberapa tahun, dan kali ini membangun OE (Original Equipment) untuk fork Specialized Demo, yang biasanya produk ohlins digunakan sebagai produk aftermarket. Namun produk suspensi ini masih dalam bentuk prototype. Jika dilihan di website resmi specialized, saat ini Demo 8 memang masih menggunakan Rockshox untuk kedua downhillbike-nya, baik demo carbon maupun alloy.

Keindahan Jalur Sepeda Cross Country Ringan Di Australia

0
intro munda biddi

BIKESTREAK – Di Australia dibangun sebuah trek sepeda Cross Country yang cocok untuk siapa saja, karena medan disini tidak dibangun dengan obstacle yang sulit seperti jalur bikepark. Tempat ini dinamai Munda Biddi Trail, yang diambil dari bahasa Aborigin yang berarti “jalur hutan”.

Total jalur Munda Biddi sepanjang 1000 km dengan beberapa opsi lintasan antara 26-139km. Bagi orang tua ataupun biker yang hanya ingin mencari jalur off-road yang mulus tak perlu khawatir, karenanya juga trek ini tak cocok bagi penghobi freeride. Namun demikian tentu tetap ada jalur dengan medan-medan yang sedikit menantang di kilometer tertentu.

jalur xc lite

Disini para pesepeda akan diajak menikmati keindahan hutan dengan kebudayaan Aborigin, tepatnya di Perth, Australia. Mereka dapat mengamati beberapa tumbuhan dan satwa liar jarang ditemui di tempat lain. Tentu saja,disini juga disediakan camp bagi parak cyclist yang ingin menginap. Camp tersedia setiap 30-45 km antar kota.

perkemahan trek xc

Munda biddi dibangun pada awal 2000an dan selalu mengalami perkembangan di tahun-tahun berikutnya hingga 2013. Hingga saat ini terhitung ada lebih dari 21.000 pengunjung yang datang setiap tahun dari seluruh dunia.

ladies on bike

RECENT POST