SHARE
power weight ratio

BIKESTREAK – Istilah ini kerap dijumpai dalam dunia otomotif, khususnya untuk komparasi antar hp (horse power) dan berat suatu mobil / motor. Masih jarang yang membahasnya dalam dunia persepedaan.

Prinsip power to weight ratio sepeda cukup sederhana. Mengurangi berat sepeda dan beban yang dibawanya akan meningkatkan kecepatan dan menghemat tenaga yang dikeluarkan saat mengayuh (selama komponen sepeda tersebut berfungsi normal). Menghitung power to weight ratio dilakukan dengan menakar jumlah daya output dalam watt dan membaginya dengan berat badan dalam kilogram.

Sebagai contoh perbandingan antara 2 orang A & B. A dengan berat 55kg memiliki daya output 450 watt, sedangkan B memiliki daya output 550 watt namun dengan berat sebesar 72kg. Terlepas si B memiliki power lebih tinggi, si A bisa saja menjadi lebih efisien dalam mengayuh sepeda dengan rasio 8,18 watt/kg dibanding B yang memiliki rasio 7,6 watt/kg.

Menurunkan berat badan agar lebih ideal perlu dipertimbangkan. Diet ketat untuk menurunkan bb dalam waktu singkat juga bisa saja menurunkan performa Anda. Cara yang baik (namun juga tidak mudah) adalah dengan mengurangi lemak tubuh namun tetap mempertahankan atau bahkan meningkatkan massa otot . Pastikan bahwa Anda tidak mengecualikan seluruh kelompok makanan yang memiliki fungsi penting bagi tubuh.

LEAVE A REPLY