SHARE
ban sepeda

BIKESTREAK – Inner tube, atau biasa disebut ban dalam hanyalah campuran dari karet dan sedikit karbon. Memang tak ada yang istimewa dari barang seharga puluhan ribu ini karena nyaris tak ada perbedaan teknologi yang jauh antar industri dalam memproduksinya. Namun demikian tetap saja yang paling mahal pada umumnya merupakan yang paling kuat, seperti rumus “rego nggowo rupo” (harga menentukan kualitas).

Ban dalam yang mahal tak mudah rusak, kecuali jika tertusuk sesuatu. Bahannya juga lebih lentur sehingga tak mudah sobek saat ban berputar dengan tekanan angin yang kurang memadai. Hal ini berbeda dengan produk murahan yang lebih mudah muncul tanda-tanda keretakan.

Ban dalam yang terbuat dari karet latex umumnya jauh lebih kuat sekaligus awet. Ban juga lebih empuk. Ban murah umumnya berbahan butyl, bobotnya juga sedikit lebih berat, dan memilii rolling resistance yang lebih tinggi.

Untuk membedakannya, ban dengan bahan latex lebih lentur saat ditarik, dan sebaliknya, bahan butyl akan terasa lebih berat. Hanya saja jika memilih ban dalam sepeda berbahan latex usahakan agar tidak menyimpan dalam kondisi basah. Karena uap airnya dalam waktu lama bisa saja menyebabkan keropos.

LEAVE A REPLY