Reviews

Home Reviews
review fullbike maupun komponen & aksesoris dari berbagai jenis & merk sepeda

Review Disc Brake Hydraulic Avid Elixir 1 Untuk Road Bike dan MTB

0
avid elixir 1

BIKESTREAK – Avid Elixir 1 merupakan hydraulic disc brake road bike dan MTB termurah atau kelas paling bawah dari jajaran produk Avid. Meskipun dibandrol dengan harga paling terjaungkau, namun kualitas produk entry level ini tetap dapat diandalkan (sesuai harganya).

Dengan bentuk master silinder yang sedikit lebih besar, membuat perangkat ini cukup memakan tempat jika bersanding dengan shifter. Material komponen juga tergolong berat dengan bobot 415 gram, wajar saja mengingat harga dari produk ini merupakan produk paling ekonomis dikelasnya, sejajar dengan Tektro Draco. Brakeset entry level ini tersedia di pasaran dengan 3 varian warna, hitam, silver, dan putih.

Untuk penggunaan dalam kondisi basah, tampaknya perangkat rem hidrolik ini kurang bekerja dengan baik. Meski demikian, secara keseluruhan Elixir 1 ini tetap menjadi hydraulic disc brake yang dapat diandalkan dikelasnya.

Disc brake keluaran avid umumnya sangat jarang ditemui dikota-kota kecil, hanya produk keluaran shimano yang banyak berjajar ditoko-toko sepeda. Jika anda menggunakan Avid, tentu akan tampak berbeda dengan biker pada umumnya yang seringkali menggunakan produk Shimano yang sudah terlalu mainstream, terlebih jika dikombinasikan dengan drivetrain keluaran Sram atau Microshift.

Teknologi Sepeda Terbaru Dari Specialized SWAT Untuk Efisiensi Pengendara

0
swat specialized

BIKESTREAK – Kini ada solusi untuk membawa perlengkapan sepeda Anda yang terintegrasi dengan sepeda Anda, baik untuk roadbike maupun MTB favorit Anda, tanpa harus membawa tas backpack. Specialized menyebutnya teknologi sepeda SWAT.

SWAT sendiri merupakan kependekan dari Storage (Penyimpanan), Water (Air), Air (udara) dan Tools (Peralatan). Sebuah inovasi yang memadukan sepeda, pengendara, dan perlengkapan dengan menempatkan semua kebutuhan di tempat yang ramping dan tetap menjaga aerodinamika pada frame.

swat specialized

Kit ini memiliki kotak penyimpanan yang dapat dipasang pada frame sepeda yang berisi ban dalam, head Co2, dan tuas ban beserta ruang untuk perlengkapan penting lain, termasuk dua sangkar botol minum Zee Cage II, Top Cap Chain Tool, dan EMT Cage Mount Tool. Alat EMT dapat dipasang di sebuah slot di bagian bawah toptube pada sepeda Specialized Epic dan pada bottle cage (sangkar botol) Stumpjumper HT. Epic dan Stumpjumper HT adalah dua sepeda yang dilengkapi SWAT untuk keluaran tahun 2016.

Tak hanya pada MTB, benda ini juga dapat digunakan pada roadbike. Tempat penyimpanan yang terintegrasi, seperti Fuelcell, Fuelselage, dan Tripod, menawarkan cara yang aerodinamik untuk membawa makanan, peralatan, dan ban cadangan di Shiv.

Saingi Sram, OneUp Components Buat Sprocket 45T Untuk Shimano XTR

0
gear 45t

BIKESTREAK – XTR memang menjadi kelas tertinggi dari jajaran groupset Shimano, namun ranget sprocket 11-40T kadang dirasa masih kurang sempurna bagi pengguna single chainring (tunggal). Dengan 40T, kayuhan akan terasa berat saat tanjakan cukup curam. Mengatasi hal ini, OneUp Components merancang sprocket hingga 45 gigi khusus sprocket XTR. Hal ini akan meningkatkan range hingga 12,5%.

Perangkat ini dibuat dengan CNC menggunakan aluminium 7075-T6. Sedangkan untuk gigi 17-19T digantikan dengan 18T dengan material nikel berlapis baja. Hal ini tentu meribah rasio menjadi lebih tinggi.

cog 45t

Sparepart ini cocok dipasangkan pada freehub manapun yang sesuai dengan standar yang digunakan sprocket XTR M9000. Sehingga pengguna gear 11 speed shimano akan merasakan sensasi memakai cassette 11 speed  keluaran Sram 1×11.

Perbedaan range gigi keluaran produk ini yaitu 11-13-15-18-21-24-27-31-35-40-45. Bisa dibandingkan dengan range standar XTR M9000 yang memiliki range 11-13-15-17-19-21-24-27-31-35-40. Untuk sprocket Sram XX1, range yang digunakan antara 10-12-14-16-18-21-24-28-32-36-42. Dengan adanya gigi yang lebih lebar dari 40 (standar XTR) akan lebih memudahkan pengguna single chainring saat melewati medan tanjakan.

Saat menanjak, biker akan menggunakan gigi 21-45T (yang semula 21-45), sedangkan saat trek menurun atau datar dapat memakai 11-18 (yang awalnya 11-19). Perubahan rasio ini dimaksudkan untuk biker yang seringkali langsung mencari perubahan rasio yang lebih jauh saat melakukan shifting.

singel chainring 11 sp xtr

Perlu diketahui sprocket 45T ini kurang cocok dengan dual chainring (ganda), karena dengan rasio yang terlalu lebar RD tidak akan berfungsi sempurna. Selain sprocket, OneUp Component juga membuat single chainring antara 30,32,34T, berbeda dengan bawaan XTR yang memiliki pilihan antara 32 hingga 36T.

Produk sparepart sepeda ini dijual dengan harga $90USD untuk sprocket 45T, sedangkan single chainring dibandrol dengan harga $65USD. Masing-masing chainring memiliki berat antara 43gram (30T),  48gr (32T), dan 57g (34T).

Sepeda Enduro Murah Terbaru Dari Canyon – Strive CF

0
sepeda enduro cf

BIKESTREAK – Canyon, industri sepeda asal Jerman meluncurkan sepeda enduro terbaru canyon tersebut pada Juni tahun lalu dengan nama Strive CF. Dengan konsep terbaru yang dinamai shapeshifter, teknologi frame ini diklaim lebih efektif menyesuaikan geometri frame dan suspensi kinematik dengan cepat, yang mana mampu menyesuaikan kondisi medan XC hingga DH.

tuas shape

The Shapeshifter adalah bar yang dioperasikan mini-piston, yang menggerakkan link tepat di bawah rocker utama pada frame. Sistem ini mampu menggerakkan rear shock maju – mundur dan menyesuaikan panjang travel sesuai geometri sepeda. Piston ini terletak antara tube frame dan rocker linkage.

shock adjustable

Saat mode XC rear shock memiliki panjang travel 130mm dan bersifat lebih kaku dibanding mode DH untuk mengurangi efek bobbing saat melalui tanjakan. Pada mode DH panjang travel dapat ditingkatkan hingga 160mm, sehingga menyebabkan sudut headtube berubah dari 67,5 menjadi 66 derajat, sedangkan sudut seattube berubah dari 75 ke 73,5 derajat. Pengaktifan mode DH dilakukan dengan menekan dan menahan tuas shapeshifter, namun sistem ini tidak memiliki mode tengah.

shock sepeda XC DH

Sepeda enduro ini dijual di pasaran dengan rentang harga antara 3419 $ hingga 4619 $. Tersedua ukuran S hingga XL untuk frame standar dan ukuran S, M, L untuk kelas pro.

Inovasi Sepeda Terbaru – Teknologi FACT Carbon Specialized

0

BIKESTREAK – FACT (Functional Advanced Composite Technology) adalah cara specialized merancang bahan komposit. Seperti halnya proyek-proyek lain di Specialized, semua frame dan perlengkapan FACT dibuat berdasarkan kebutuhan pengendara sepeda. Dalam hal melengkapi kebutuhan tersebut dengan maksimal, mereka melakukan beberapa proses penting seperti: Pemilihan material, Proses Perakitan, dan uji coba. Hasil dari proses FACT adalah sepeda dan perlengkapan berbahan karbon yang superior dan menghasilkan performa kelas dunia bagi para rider.

Kebutuhan Pengendara

Berawal dari kebutuhan pengendara sepeda berbeda-beda (Balap, Triathlon CX, dll), mereka memberikan kombinasi terbaik – kekakuan, kelenturan, kekuatan, dan bobot yang ringan untuk setiap lini produk.

Desain

carbon specialized

Inilah awal dari teknologi baru yang diciptakan untuk setiap jenis sepeda. Contohnya adalah bagian BB (Bottom Bracket) dan chainstay yang menjadi sebuah kesatuan untuk memperbaiki kinerja saat pengendara mengayuh pedal dengan kuat.

Seleksi Material

carbon specialized

Sebelum memasuki proses pembuatan, specialized memilih jenis karbon, resin dan anyaman karbon untuk setiap sepeda. Proses layup (penempatan lapisan karbon) juga sama pentingnya. Contohnya adalah sepeda S-Works Roubaix, dimana bagian downtube, bottom bracket dan top tube memakai campuran karbon E390 untuk mendapatkan kekakuan lebih sehingga menghindari flex saat menerima kayuhan dengan keras.

Pembuatan

STEP_4_FACT_carb

Secanggih apapun bahan tersebut tak akan berarti tanpa konstruksi dan penerapan yang tepat. Dengan menciptakan rangka dari beberapa struktur monocoque pada bagian headtube/toptube/downtube, seat tube, seatstay, dan bottom bracket chainstay satu bagian, maka serat karbon dapat terhubung tanpa terputus dari tabung ke tabung, menghasilkan keuntungan dalam hal bobot, kekakuan, dan kekuatan.

Pengujian

STEP_5_FACT_carb

Pengujian adalah bagian penting dalam pengembangan karbon FACT. Untuk memastikan bahwa setiap sepeda memenuhi ekspektasi, seluruh sepeda melewati proses pengujian yang berat di lab, dan pada kondisi sebenarnya.

Kami melakukan pengujian di lab untuk memastikan kekuatan, dilanjutkan dengan pengujian dengan para atlet pro untuk melakukan improvisasi hingga mendapatkan hasil yang kami inginkan. Dari tahun ke tahun semakin banyak inovasi sepeda terbaru yang dilakukan oleh para pabrikan untuk kepuasan pesepeda dan keuntungan pribadi perusahaan.

Part Sepeda Terbaru Groupset SRAM XX1 Black Edition

0
rd xx1 black

BIKESTREAK – Kita baru saja mengawali tahun 2015 dan Sram saat ini telah siap menggarap untuk model 2016. Produk terbaru kali ini ialah Sram XX1 black edition. Tidak banyak info apakah ada perubahan teknologi sepeda dari produk sebelumnya, namun produk ini dibuat untuk biker yang kurang suka dengan komposisi warna merah hitam yang mugkin kurang cocok.

Drivetrain ini terdiri dari shifter, RD, dan crank yang berwarna hitam, dan tentu saja warna rantai dan sprocket 11 speed tetap berwarna silver. Mengenai harga, produk ini tak berbeda dengan XX1 sebelumnya.

Sram juga merancang beberapa aksesoris kecil versi black edition. Salah satunya adalah boot pelindung crank. Sparepart kecil ini berfungsi melindungi ujung crank agar tak mudah aus saat bergesakan dengan bebatuan ataupun material lain.

crank arm cover

Meskipun disebut sebagai produk 2016, drivetrain ini akan dijual dipasaran mulai Maret 2015. Jika demikian apanya yang disebut produk 2016? Hanya trik marketing nampaknya.

Drivetrain 1×11 saat ini cukup mempengaruhi industri sepeda. Bahkan kedepannya memungkinkan beberapa industri sepeda akan merancang frame yang hanya kompatibel dengan single chainring.

Mondraker Summum 2015 Menggunakan Frame Carbon

0
frame dh carbon

BIKESTREAK – Frame downhill terbaru kini juga mulai mengaplikasikan pemakaian ban 27,5 inch. Begitu juga industri sepeda asal Spanyol ini yang telah merancang frame DH terbaru untuk ban 27,5”.

Dengan material karbon, bobot sepeda akan menjadi lebih efisien. Dalam kondisi fullbike, sepeda DH dari Mondraker ini memiliki berat 14,95 kg. Desain geometri frame ini merupakan penyesuaian dari frame Mondraker Foxy yang telah dirancang sedemikian rupa agar sesuai untuk penggunaan downhill. Bisa dibilang keduanya memiliki teknologi yang sama. Foxy merupakan sepeda keluaran Mondraker untuk kategori All Mountain.

Frame ini diproduksi menggunakan sistem proses yang disebut vakum, yang mana dengan sistem ini berfungsi untuk menghilangkan udara yang masih tertinggal diantara serat. Dengan demikian frame akan lebih kuat dengan serat yang lebih rapat, namun tetap menjaga efisiensi berat.

Mondraker Summum diproduksi dalam 2 model, team dan pro team. Summum carbon pro team seberat 14,95 kg, dan 15,4 kg untuk Summum carbon pro. Sedangkan bobot frame tanpa rear shock sendiri seberat 2,837 kg.

Perlengkapan Sepeda Unik, Keren dan Anti Mainstream

0
toolkit mini

BIKESTREAK – Repot membawa toolkit yang tak bisa masuk ke dalam saku? Mungkin anda perlu mencoba alat ini. Benda kecil yang unik ini mampu mengkombinasikan 9 kunci dan alat pembuka tutup botol menjadi 1 dalam bentuk ring. Bahkan bisa juga dipergunakan sebagai gantungan kunci karena ukurannya yang tergolong mungil. Dengan demikian benda ini sangat memudahkan dalam mobilitas.

toolkit sepeda

Ringtool ini terdiri dari 5 kunci heksagon (kunci L) berukuran 3,4,5,6,8 mm, obeng –/+/*, kunci pas untuk spoke / jari-jari velg, dan bagian tengah yang dapat digunakan sebagai pembuka tutup botol. Namun dalam produksi masal dipangkas menjadi 8 bagian.

Toolkit sepeda unik ini dirancang untuk menyediakan fungsionalitas maksimal dengan bentuk minimal. Alat ini diproduksi dalam stainless steel yang berkualitas tinggi untuk menjaga durabilitas namun tetap memiliki bobot ringan. Dibutuhkan waktu lama dalam memikirkan konsep pembuatannya. Produk ini merupakan hasil dari penghitungan dan pengujian dengan pengendara sepeda, mekanik, arsitek, desainer, dan juga ahli material.

Melalui reductivist.com perangkat ini dijual seharga $28. Tertarik memilikinya atau bahkan menjadi reseller?

RECENT POST