SHARE

BIKESTREAK – Kompetisi balap sepeda yang diadakan di Sumatra Barat ini umumnya berlangsung sekitar bulan April-Juni selama satu minggu, cukup singkat memang. Kompetisi ini terselenggara dengan adanya kerjasama dari Amaury Sport Organisation yang menjadi penyelenggara Tour de France. Penggunaan nama Singkarak sendiri diambil dari nama danau terbesar di Sumatra Barat yang dijadikan rute perlombaan. beberapa daerah lain juga menjadi rute lintasan meliputi Lembah Harau, Danau Maninjau, Kelok 44, Danau Diatas, dan Danau Dibawah.

Tour de Singkarak tahun ke 6 akan dimulai dari 7 hingga 15 Juni 2014. Event kompetisi internasional ini sudah tercatat dalam UCI Road Calendar, 2013 – 2014 Season, Asia Tour. Pihak panitia, terutama pemerintah provinsi Sumatera Barat akan menjadi tuan rumah dari kompetisi balap sepeda yang bergengsi ini. Pada dasarnya implementasi TdS tahun ini tak banyak perubahan dari impelentasi tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja kekurangan yang didapati pada pelaksanaan tahun sebelumnya dipastikan akan dilakukan pembenahan untuk pelaksanaan tahun ini.

Sejak awal digelar 5 tahun lalu (2009), even TdS telah membantu memberikan kontribusi dalam mempromosikan Sumatera Barat ke mancanegara. Dampaknya, pada 2011kunjungan wisatawan mancanegara naik hingga 13,2%, angka ini di atas kenaikan pariwisata nasional 8,9%. Pada tahun 2010, wisatawan mancanegara yang menginap di hotel berbintang di Sumatera Barat sebanyak 332.515 orang, dan tahun 2011 meningkat menjadi  413.180 orang, persentase kenaikan ini sekitar 24,3%.

Diadakannya even ini juga mendorong pembangunan infrastruktur daerah dan membuka akses wilayah untuk pasar dan investasi. Bagi warga Sumatera Barat sendiri, adanya even TdS ini juga meningkatkan ragam usaha ekonomi di sekitar wilayah yang menjadi rute balap.

LEAVE A REPLY