SHARE
etape vuelta

BIKESTREAK – Vuelta a España merupakan kompetisi balap sepeda tahunan berkelas internasional yang diselenggarakan di Spanyol. Terinspirasi dari kesuksesan Giro d’Italia dan Tour de France, even ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1935. Seperti TdF, perlombaan Vuelta a España juga sempat terhenti karena adanya perang saudara dan perang dunia II di awal eksistensinya. Sejak saat itu, perlombaan besar ini mulai berjalan normal pada 1955. Sejak tahun 1979, acara ini telah dikelola oleh Unipublic, dan mulai banyak pembalap pro dari seluruh dunia berpartisipasi dalam lomba setiap tahun. Saat ini La Vuelta berjalan selama 23 hari dengan 21 hari perlombaan dan 2 hari istirahat.

Perhelatan perdana (1935) diikuti 50 pembalap dan 14 etape dengan total akumulasi jarak tempuh sejauh 3.411 km. Untuk menghindari jadwal yang berdekatan dengan Giro d’Italia, even yang biasanya berlangsung secara bervariasi pada bulan April maupun Agustus kini telah berpindah ke bulan September dan sekitarnya sejak 1995. Pada tahun 1997, beberapa etape La Vuelta diadakan di luar negeri untuk pertama kalinya, tepatnya di Lisbon, Portugal, dan pada 2009 kota Assen (Belanda) menjadi tuan rumah pembuka dari La Vuelta ke 64. Sejauh ini, rekor pemenang terbanyak diraih Roberto Heras yang menjuarai mega even ini pada tahun 2000, 2003, 2004 dan 2005.

balap sepeda espana

Efek Perang Dunia

1950 – 1955 menjadi jeda balap sepeda saat perang dunia II yang mana La Vuelta tidak memungkinkan untuk diselenggarakan. Pada tahun 1968, La Vuelta kembali mendapat hambatan, adanya serangan teroris saat itu dan etape ke-15 terpaksa harus dibatalkan. Tidak ada korban jiwa dalam serangan tersebut.

Ketika El Correo Español-El Pueblo Vasco berhenti mensponsori lomba pada 1979, La Vuelta sekali lagi mendapat masalah. Namun, perusahaan Unipublic mengambil alih kompetisi ini. Dengan meningkatnya iklan dan awal mula disiarkan melalui televisi, tahun itu juga menjadikan La Vuelta memiliki pendapatan yang meningkat.

Skandal Doping

Kasus doping tak hanya melanda Tour de France, tahun 1982 muncul kasus pertama dalam hal ini. Dua hari setelah akhir kompetisi, Ángel Arroyo (bersama dengan beberapa pengendara lain) telah didiskualifikasi. Arroyo meminta untuk tes sampel B-nya, yang lagi-lagi dinyatakan positif. Arroyo diberi penalti sepuluh menit, dan akhirnya berakhir menempati peringkat 13 dalam klasifikasi umum.

Edisi tahun 2000-an ditandai dengan dominasi Roberto Heras, yang meraih kemenangan pada tiga kesempatan, dan pada tahun 2005 juga melakukannya untuk keempat kalinya. Namun, seperti yang terjadi dengan Ángel Arroyo pada 1982, Heras didiskualifikasi di akhir kompetisi setelah dinyatakan positif menggunakan doping dalam hal pemakaian EPO. Tahun 2012, pengadilan Spanyol membatalkan tes positif dan memberikan kemenangan kembali pada Heras.

LEAVE A REPLY