SHARE
sepeda listrik

BIKESTREAK – Umumnya sepeda elektrik hanya berjenis sepeda komuter yang dapat dibeli dengan harga terjangkau, namun tidak dengan sepeda keluaran Zeitgeist. Sepeda komuter ini dijual dengan harga $7,499 (silahkan hitung sendiri sesuai kurs hari ini). Harga yang menyamai atau bahkan melebihi sepeda-sepeda yang biasa digunakan untuk kompetisi baik roadbike, XC, maupun DH. Meskipun sama-sama sepeda listrik termahal kelas hi-end, sepeda Zeitgeist ini berbeda kelas dengan Greyp g12s dan Trefecta DRT yang berjenis MTB dan dilengkapi dual suspensi.

Lantas apa yang membuat sepeda ini begitu mahal? Zeitgeist City dirancang dengan desain mewah dan menggunakan material serat karbon yang dilapisi Kevlar dan menggunakan baterai lithium ion keluaran Panasonic yang memiliki kualitas yang sama dengan baterai milik Tesla Model S. Baterai ini dapat dilepas dari sepeda dan discharge secara terpisah selama 4 jam. Dengan daya 500 watt dan 48 volt, sepeda listrik ini dapat melaju dengan kecepatan hingga 45 km/jam sejauh 129 km dalam satu kali charge.

Jika ingin mengayuh, sepeda onthel ini dilengkapi dengan shifter dan RD Shimano XT 1X10. Pada stem juga dilengkapi layar LCD, namun tak ada penjelasan mengenai detail dalam panel LCD. Perangkat lain yang menempel pada sepeda seberat 19,73 kg ini adalah brakeset Tektro Dorado dengan rotor 180mm, sadel Selle Royal, ban Schwalbe Energizer 28” X 1.75”. Uniknya sepeda luxury ini dirancang oleh desainer Denmark dan teknisi dari Jerman, namun dijual di AS.

LEAVE A REPLY