SHARE

BIKESTREAK – Sepeda Gazelle, Buat anda penggemar sepeda klasik pasti kenal dengan sepeda onthel. kendaraan jadul tanpa mesin tersebut memang sampai sekarang masih banyak peminat dan bahkan komunitas pecinta sepeda onthel yang terbentuk. Sepeda onthel sendiri merupakan sebuah sepeda klasik dengan desain unik yang sudah ada sejak masa penjajahan.

Sejarah sepeda onthel masuk ke Indonesia tidak terlepas dari peran Belanda pada zaman penjajahan. Kini sepeda onthel sudah menjadi salah satu barang antik yang paling banyak digemari dan bahkan harganya pun bisa sangat mahal yaitu mencapai puluhan juta. Salah satu merek dari sepeda onthel yang cukup ternama adalah Gazelle.

Sepeda Pasukan Belanda

Sepeda onthel Gazelle adalah sepeda klasik yang masuk ke Indonesia dibawa oleh pasukan Belanda, sepeda onthel klasik ini bisa dikatakan sebagai yang paling mahal dibandingkan merek onthel lainnya. Bahkan harganya bisa jauh lebih tinggi apabila semua aksesoris masih lengkap serta kondisinya terawat. Jadi tidak mengherankan kalau sepeda klasik ini kini menjadi salah satu buruan bagi para kolektor pecinta seni barang antik.

Sejarah dari sepeda onthel Gazelle sendiri cukup panjang yakni dibawa oleh masa penjajahan Belanda yang telah eksis bertahun-tahun sebelum akhirnya Jepang mengambil alih Indonesia. Pada saat itu sepeda Onthel sering dipakai oleh kaum urban atau pihak pemerintahan di masa itu lalu dengan seiring berkembangnya zaman kemudian sepeda onthel Gazelle mulai kurang diminati setelah hadirnya kendaraan bermotor masuk Indonesia. Pada saat itu sepeda onthel kemudian beralih dipakai oleh masyarakat pedesaan termasuk petani.

Jadi jangan heran kalau anda sering melihat orang-orang tua di pedesaan yang memakai sepeda ini, namun jangan tanyakan kondisi aslinya, pasti sudah sangat lusuh dan bahkan berkarat. Untuk itulah banyak orang yang berani membeli dengan harga menggiurkan bagi petani kemudian dirawat dengan baik dan dibersihkan hingga terlihat seperti baru, setelah itu baru dijual kembali dengan harga mencapai puluhan juta.

Harga Sepeda Gazelle

Jadi, harga sepeda Gazelle termasuk harga kolektor jadi tidak ada patokan pastinya. Semua tergantung sejarah, aksesoris dan kondisi keaslian sepeda Gazelle itu sendiri, semakin antik dan seri jarang seperti Gazelle seri 10 dan Gazelle seri 11 maka akan semakin mahal.

LEAVE A REPLY