SHARE
tambora challenge 2015

BIKESTREAK – Sebentar lagi, tepatnya 5 April 2015 merupakan 200 tahun meletusnya Gunung Tambora yang berlokasi di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Letusan yang terjadi pada tahun 1815 itu telah menewaskan sekitar 91000 jiwa, menghancurkan 3 kerajaan, yakni Sanggar, Tambora, dan Pekat. Letusan ini melempar material sebanyak 150 miliar  yang berakibat munculnya kawah sedalam 1.100 meter dengan luas 6,2 kilometer.

Kala itu kepulan asap menjulang setinggi 43 kilometer, dengan abu vulkanik yang menyebar hingga Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan Maluku. Saking kerasnya suara gemuruh terdengar hingga pulau Sumatra yang berjarak 2.600 kilometer dari Tambora. Akibat letusan ini juga merubah ketinggian Gunung Tambora yang sebelumnya 4.200 mdpl menjadi hanya 2.700 mdpl.

Selama 2 hari kawasan sekitar diliputi kegelapan hingga radius sekitar 600 kilometer dari puncak gunung. Seluruh hewan dan tumbuhan telah mati. Sejumlah penyakit menyerang penduduk yang selamat, karena air di area tersebut telah terkontaminasi material beracun efek dari abu vulkanik. Kisah 200 tahun silam ini tetap membekas di kalangan masyarakat dengan menyebarnya cerita dari mulut ke mulut hingga kini.

tambora menyapa dunia

Saat ini, melalui peringatan 200 tahun meletusnya Gunung Sumbawa, pemerintah NTB akan mempromosikan Pulau Sumbawa secara optimal agar kelak dapat sejajar dengan Lombok. Bekerja sama dengan harian Kompas, pemerintah NTB menyelenggarakan beberapa event kompetisi sepeda gunung yang disebut Tambora Challenge.

Even tersebut terbagi dalam 3 bagian yakni Tambora Bike, Trans Sumbawa, dan Tambora Trail Run. Lomba lari Trail Run ini mengambil lintasan dari Doro Ncanga menuju puncak Gunung Tambora pergi-pulang, dengan opsi 24 dan 42 kilometer.

Tantangan lainnya adalah Trans Sumbawa berupa lomba lari maraton sejauh 320 kilometer mulai dari Pototano yang berada di ujung barat Pulau Sumbawa hingga Doro Ncanga. Lomba lari dimulai pada 8 April 2015. Tambora Bike merupakan perjalanan bersepeda sejauh 409 kilometer dari Kota Mataram (Lombok) menuju Doro Ncanga di kaki Gunung Tambora.

Kompetisi bersepeda tersebut akan berlangsung pada 9-11 April mendatang sebanyak 3 etape:

  • Etape Pertama (126 km) : Mataram – Kayangan – Pototano – Utan
  • Etape Kedua (160 km) : Utan – Pidang Sejauh
  • Etape Ketiga (123 km) : Pidang – Dorocanga (Kaki Gunung Tambora)

LEAVE A REPLY