SHARE
Tour de East Java 2014

BIKESTREAK – Berbahagialah masyarakat penghobi sepeda di Jawa Timur. Tour de East Java yang penyelenggaraannya sangat minim dana, tetap akan dilaksanakan bulan September tahun ini. Mungkin berita ini terlihat basi, namun berita ini menjadi relevan untuk kembali diangkat saat berbiaca soal Tour de Indonesia.

Dengan bantuan sejumlah 500 juta dari Pemprov Jatim, kompetisi TdEJ tahun ini dijadwalkan berlangsung tanggal 6-7 September dengan 2 etape sejauh 276 km melewati Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Mojokerto. Sayangnya even ini tidak melewati Kabupaten Kediri. Kenapa Kab. Kediri? Kab. Kediri memiliki monumen SLG (Simpang Lima Gumul), salah satu ikon Kediri yang dibuat mirip Arc de Triomphe (versi KW sekian). Bayangkan jika pembalap TdEJ melintasi monumen ditengah simpang lima tersebut akan nampak seperti para pembalap Tour de France yang melewati monumen Arc de Triomphe.

Rencana awal yang akan diikuti total 14 tim peserta (asing dan lokal), kini jumlah tim asing yang mengikuti event tahunan ini hanya 8 tim saja. Ini menjadi indikasi bahwa TdEJ semakin meredup. Delapan tim asing yang memastikan diri berpartisipasi di TdEJ 2014 antara lain, Aisan Racing Team (Jepang), Team Gusto (Taiwan), CCN Cycling Team (Brunei Darussalam), Malaysia National Team, Terengganu Cycling Team (Malaysia), Eddy Hollands (Australia), Tabriz Petrochemical Team (Iran) dan Tabriz Shahrdari Ranking (Iran).

Disampung pembalap asing, pihak penyelenggara juga mengundang lebih banyak peserta dari Indonesia. Sebanyak enam tim akan berpartisipasi. Mereka adalah Polygon Sweet Nice, Translibas Cycling Team, Kukar – Kutai Negara, BRCC Banyuwangi, KFC Bike Team dan Pegasus Continental Cycling Team.

Sama halnya Tour de Singkarak, Tour de East Java sesungguhnya juga merupakan even penting bagi Jawa Timur. Dengan adanya even ini juga diharapkan lebih mengenalkan budaya dan pariwisata Jawa Timur meskipun hanya sedikit. Disamping Pemerintah Propinsi Jawa Timur, semoga saja ada sponsor baru yang rela merogoh kantung lebih untuk membiayai acara ini sehingga tahun-tahun berikutnya lebih banyak etape yang dapat diperlombakan.

LEAVE A REPLY