SHARE
sepeda downhill 2013

BIKESTREAK – Polygon mulai memasarkan downhill bike pada tahun 2007 yang sudah diperkenalkan pada akhir 2006 dengan nama Collosus DH 2.0. Seiring berjalannya waktu, rancangan frame dan komposisi parts yang digunakan silih berganti dengan berbagai perkembangan fitur dan teknologi. Tak hanya line up downhill bike, nama domain dan logo industri sepeda asal sidoarjo tersebut juga mengalami perombakan. Dari polygoncycle.com berganti polygonbikes.com, dan logo baru polygon yang sekarang berbentuk heksagon, namun bikestreak tidak membahas soal itu. Kembali lagi pada jajaran Collosus DH, sebenarnya tidak banyak info yang didapat, karena produk yang sudah discontinue tentu saja sudah dihapus pada website resmi.

polygon_logo

Collosus DH 2.0 2007

polygon downhill 2007

Sepeda ini merupakan sepeda downhill pertama yang dikeluarkan polygon ke pasaran pada 2007. Menggunakan suspensi belakang Quad Suspension System big hit dengan travel 8-9 inci keluaran Manitou Metel, dan untuk fork depan dipilih produk Rock Shox Boxxer Team. Drivetrain memakai Shimano Saint dipadu chain guide FSA.

Collosus DH 2.0 2009

downhill polygon 2008

Beberapa tahun lalu Insera & Astro memang melakukan kerja sama yang lebih intens. Astro & Insera bisa dibilang 2 karakter perusahaan yang berbeda dengan kekuatan yang berbeda, Astro sangat baik di bidang frame building (Industri ini mendesain frame GT selama beberapa tahun, Moondraker yang dipakai Fabien Barel, Foes, Azonic (brand ini dulunya milik Astro), KHS dll..) namun mereka tidak membuat sepeda, sedangkan Insera mempunyai lab test yang sangat lengkap, namun kurang memiliki resource dalam hal building hi end frame. Jika sebatas hardtail non carbon memang mampu inhouse, selebihnya hanya kirim gambar ke Taiwan dan minta mereka buat.

Collosus DH 2010

sepeda downhill 2010

Mulai 2010 polygon mengeluarkan lebih dari satu varian sepeda downhill, disamping DH 2.0 juga ada DHX dengan pilihan komponen yang lebih tinggi dari 2.0. Frame keluaran 2010 ini menjadi penyempurnaan dari edisi 2009, sekaligus menjadi frame DH dengan desain paling simpel diantara jajaran Collosus DH yang lain.

Collosus DH 2011

polygon dh 2011

Hanya jeda setahun, polygon kembali meluncurkan geometri baru untuk sepeda downhillnya. DH 2011 ini menggunakan ALX6XXX Alloy Frame dengan travel 8 inci. Berbeda dengan line up DH yang lain, pada salah satu varian DH 2011 ini polygon menggunakan drivetrain keluaran Sram.

Collosus DH 2012

sepeda downhill 2013

Hingga saat ini (setidaknya saat artikel ini ditulis) geometri DH 2012 masih digunakan. Bisa jadi ini merupakan frame dengan teknologi terbaik yang dimiliki polygon. Frame yang sangat kokoh sehingga las-lasan pada frame terlihat dengan jelas. Penggunaan teknologi suspensi FS2 (Floating Suspension Generation 2) terbukti lebih responsif dibanding geometri sebelumnya. Berkat teknologi tersebut, kontrol sepeda menjadi lebih baik, kuat, dan memiliki kemampuan manuver yang tinggi. Teknologi FS2 juga memungkinkan bobot sepeda lebih ringan sekitar 200-800 gram untuk setiap jenisnya.

Prototype Collosus DH

sepeda polygon terbaru

Diluar line-up diatas, polygon meluncurkan prototype sepeda downhill yang tidak dilempar kepasaran. Tampak suspensi belakang yang telah didesain ulang. Frame pada sepeda ini menggunakan desain dual link. Kedua link prototipe lebih pendek, dengan unit yang lebih rendah tidak berputar di sekitar braket bawah seperti pada Collosus. Posisi rear shock juga tampak lebih tegak.

LEAVE A REPLY