SHARE
dura ace disc component

BIKESTREAK – Sebagai buntut dari produk Sram yang menelurkan opsi disc brake pada groupset Sram Red 22, Shimano dan Formula juga mengeluarkan produk serupa dan juga diklaim kompatibel dengan shifter milik campagnolo. Akhirnya, tren disc brake juga merambah dunia balap road bike.

UCI (Union Cycliste Internationale) pun mulai mempertimbangan komponen tersebut jika akan digunakan dalam kompetisi. Menindak lanjuti keputusan tersebut, mereka juga melakukan analisis terhadap kinerja komponen baru ini. Pihak UCI mulai memikirkan penggunaan disc brake dimasa mendatang.

Keamanan menjadi pertimbangan utama yang dipikirkan, seperti berbahayakan jika kinerja pengereman disc brake digunakan dalam suatu peleton yang bergerak cepat saat balapan berlangsung. Panas yang dihasilkan disc brake juga mungkin berbahaya jika menyentuh pembalap saat pembalap tersebut mengalami kecelakaan, mengingat pembalap road bike tidak memakai protector seperti pembalap MTB.

sram red 22 disc component

Jika penggunaan disc brake dilegalkan dalam berbagai kompetisi, semua produsen seperti shimano, sram, campagnolo, dan produsen lain harus memproduksi komponen disc brake yang sesuai akreditasi standard UCI. Komponen-komponen tersebut yang nantinya akan digunakan oleh pro rider.

Sepertinya UCI memang terlalu berlebihan soal ini. Produsen yang memproduksi komponen kelas atas tentu sudah memperhitungkan berbagai hal, malakukan riset, membuat berbagai prototype sehingga akhirnya produk tersebut siap dijual secara massal di pasaran.

LEAVE A REPLY