SHARE
bike chainlube

BIKESTREAK – Beratnya kinerja rantai tentu memerlukan perawatan secara berkala dan jika dibiarkan akan memperpendek usia rantai. Kondisi basah, kering, pasir, dan debu akan mengganggu fungsi rantai sehingga kurang bekerja maksimal.

Chainlube dalam bentuk spray umumnya kurang dianjurkan karena dampaknya juga dapat membersihkan grease (gemuk) pada rantai dan rollernya. Pemilihan pelumas sepeda tergantung pada kondisi. Kondisi lembab akan memerlukan pelumas dengan viskositas minyak yang tinggi agar pelumas tersebut menempel pada rantai sehingga rantai akan terlindung dari air. Dalam kondisi kering dar berdebu diperlukan pelumas dengan viskositas yang rendah agar kotoran dan debu tidak terlalu banyak menempel.

Cara Membersihkan

  • Sebelum melumasi rantai harus dibersihkan dari kotoran. Gunakan kain bekas jika tidak ada chain cleaner untuk membersihkan rantai, dan gunakan sikat untuk membersihkan kotoran pada chainring dan sprocket.
  • Setelah rantai benar-benar bersih barulah chainlube digunakan. Gunakan chainlube secara merata, termasuk pada bagian-bagian yang sering bergesekan dengan gear. Namun, terlalu banyak memberi pelumas juga kurang baik, sebab hal ini akan banyak menarik kotoran dan debu.

LEAVE A REPLY