SHARE

BIKESTREAK – Kotoran pada sepeda menjadi bukti banyaknya jam terbang yang telah dilewati, bahwa sepeda tersebut telah dipakai untuk menjelajah berbagai lintasan. Kotoran yang terlalu banyak tentu dapat mengganggu performa sepeda itu sendiri. Sebenarnya membersihkan sela-sela sepeda tak serumit saat membersihkan kendaraan bermotor, selama tak terlalu banyak lumpur yang menempel dan mengeras.

Membersihkan Frame dan Fork

Frame menjadi bagian termudah saat mencuci sepeda. Membersihkannya pun tidak perlu membutuhkan peralatan khusus. Penyemprotan dengan air bertekanan tinggi lebih mempermudah dalam membersihkan kotoran-kotoran maupun lumpur yang menempel. Sabun yang digunakan dapat memakai sabun pencuci motor ataupun sabun cuci piring sebagai barang substitusi. Busa yang dibunakan untuk membersihkan kotoran sebaiknya menggunakan busa dengan bahan lembut dan tidak berpori-pori kasar agar tidak merusak cat. Setelah dibilas kembali, diseka menggunakan kanebo untuk menghilangkan sisa-sisa air bekas cucian yang masih menempel pada frame maupun fork agar mempercepat proses pengeringan. Cara yang sama dapat juga digunakan saat mencuci rim & spoke (velg & jari-jari).

membersihkan-sepeda

Gear dan Rantai Sepeda

Rantai perlu dijaga kebersihannya agar selalu berfungsi normal. Membersihkannya menggunakan sikat dan sabun agar mempermudah mengangkat kotoran yang bercampur pelumas rantai. Jika malas menggunakan sikat dapat memakai chain cleaner sebagai alternatif yang lebih mudah. Untuk membersihkan kotoran di bagian gear (crank & sprocket) tentu tetap harus menggunakan sikat. Bersihkan juga kotoran yang menempel pada gear di bagian RD. Kadang perlu menggunakan bensin untuk mengangkat kotoran yang sulit dibersihkan. Setelah selesai dibilas dan dikeringkan, gunakan kembali pelumas rantai seperti WD40 misalnya.

chain cleaner
chain cleaner

LEAVE A REPLY