SHARE

BIKESTREAK – Klasifikasi dalam dunia sepeda MTB semakin berkembang dan tidak lagi sesuai dalam literatur jadul era film Dono. Berkembangnya berbagai type dapat memperluas pilihan user dalam menentukan sepeda sesuai fungsi masing-masing. Genre pun sedikit demi sedikit bermunculan, dari hardtail-dual suspension, 26-29 inch, namun sudah tentu tidak ada sepeda yang benar-benar ideal untuk segala jenis medan.

XC / Cross Country

bikestreak-rockhopper
xc bike

Sebagian besar jenis ini memakai frame hard tail, meski ada juga yang menggunakan frame dual suspensi dengan travel yang pendek. jika menggunakan dual suspensi akan lebih nyaman jika memiliki fitur lock agar tidak mengganggu saat jalan menanjak.

 Dirt Jump

dual suspension dirtjump frame
dual suspension dirtjump frame

Frame dibuat dengan bagian belakang top tube lebih rendah dan pemasangan sadel pada posisi yang rendah. Hal ini untuk memudahkan dalam freestyle di udara maupun melahap tikungan tajam. Sepeda ini menggunakan ban tapak lebar dan umumnya dengan knob yang tidak terlalu besar.

dirtjump hardtail frame
dirtjump hardtail frame

All Mountain

bikestreak-nukeproof-mega_am
all mountain

Sesuai namanya, sepeda yang dirancang untuk handal di berbagai medan, melalui drop off dengan batasan tertentu, melewati tanjakan, namun tidak didesain untuk kompetisi. Ban yang digunakan bertapak lebar dengan knob yang cukup besar. Sepeda ini menggunakan dual suspensi dengan travel sekitar 4-5 inch, tetapi beberapa industri sepeda memproduksi trial bike dengan spesifikasi yang hampir sama, dan juga membuat sepeda hardtail AM.

Free Ride

bikestreak-collosus_fr1
free ride

Umumnya sepeda downhill dapat digunakan untuk free ride, tetapi ada klasifikasi tersendiri yang membedakan keduanya. Menggunakan fork dengan ukuran 180-200mm (single crown/dual crown), lazimnya sepeda freeride yang sering ditemui menggunakan fork 180mm single crown. Crank dapat memakai single chainring maupun double chain ring.

Downhill

bikestreak-dh-Summum_1
downhill

Sepeda yang diproduksi dalam skala terbatas yang hanya digunakan untuk kompetisi maupun hobi. Sedikit perbedaan yang tampak dari free ride adalah selalu menggunakan dual crown fork dengan panjang 200-203mm. Crank mengunakan single chain ring dengan chain guard, dan memakai spring air rearshock dengan travel 200mm.

___________________________________________________________

Beberapa sepeda XC dan AM terbagi lagi dalam ukuran 26″, 27,5″, dan 29″. Apapun jenis sepeda yang akan dipilih tentu saja harus disesuaikan kemampuan kantung user. Umumnya harga memang tidak pernah bohong, namun seller ada kalanya tidak selalu jujur.

LEAVE A REPLY