SHARE

Berkurangnya Produk 26” di Luar Negeri

BIKESTREAK – Di forum besar luar negeri seperti pinkbike banyak ditemui posting yang mengeluhkan mulai berkurangnya sepeda dengan ukuran ban 26” dan berspekulasi bahwa ban 27,5” (beberapa meyebut dengan ukuran 650b) hanya merupakan trik marketing yang dibuat industri sepeda untuk dapat menjual lebih banyak produk.  Apakah prediksi ini benar? Bisa jadi begitu, seluruh industri sepeda tentu banyak menghabiskan tenaga, waktu, dan pikiran agar dapat meningkatkan penjualan produk.

Bagi kebanyakan pengguna sepeda, bersepeda hanyalah aktivitas dalam waktu luang. Jika bukan atlet atau pecandu sepeda, kita tak memerlukan sepeda baru, komponen baru. Tentunya kita hanya membeli apa yang kita perlukan, meskipun faktanya jika sepeda yang kita miliki sudah proporsional terhadap kebutuhan, kadangkala akan tergiur dengan adanya sepeda baru yang lebih baik dan lebih menarik (bukan soal rumput tetangga).

Banyak Beredar 27,5” di Pasaran Manca Negara

Dan sekarang sepeda MTB 27,5 (650b) mulai banyak djual (tentu tidak selaris kacang goreng). John Pentakosta, International Sales Manager dari Yeti, mengklaim bahwa penjualan produk sepeda Yeti ukuran 27,5” telah melebihi penjualan sepeda 26” dari produk mereka dengan rasio 50:1. Disisi lain Santa Cruz mengklaim bahwa mereka menguji sepeda prototype dari keduanya (26” & 27,5”) dan tidak mendapat perbedaan yang substansial, namun mereka memprediksi bahwa sepeda 27,5” akan menghasilkan penjualan yang lebih tinggi.

Perbandingan

perbandingan wheelset 26, 27.5, 29

Wheelset ukuran 27,5” hanya lebih besar sekitar 3% dari ukran 26”, sedangkan wheelset ukuran 29” lebih besar 11% dari ukuran 27,5”. Dapat diprediksi bahwa diameter total roda 26” dengan ban tapak lebar sangat mendekati diameter total dari 27,5” dengan ukuran ban sedikit lebih kecil. Hal ini berbeda dengan 29” yang masih memiliki jarak signifikan dari 27,5” termasuk dari ukuran ban sekalipun.

Bisa dikatakan klaim industri bahwa permintaan konsumen telah mendorong pengembangan ukuran roda hanyalah sebuah skenario dan tidak ada jawaban pasti, atau kemungkinan ini memang kombinasi keduanya (trik marketing dan permintaan pasar). Dalam dunia industri di mana perkembangan terjadi dengan cepat dan komponen dapat menjadi usang dalam kurun waktu satu tahun.

3 COMMENTS

    • tapi memang lebih keren dan macho apabila menggunakan ban berukuran lebih besar, meskipun konsekuensinya lebih berat apabila digunakan untuk tanjakan atau harian 🙂

LEAVE A REPLY